Pilihan Buah untuk Diet yang Menyenangkan, Apakah Jeruk bisa Turunkan Berat Badan? Begini Jawaban!
Ilustrasi manfaat jeruk untuk diet./Pexels
08:34
14 Oktober 2024

Pilihan Buah untuk Diet yang Menyenangkan, Apakah Jeruk bisa Turunkan Berat Badan? Begini Jawaban!

Jika kalian tidak menyukai diet yang hambar, mungkin jeruk dapat menjadi alternatif menurunkan berat badan yang layak untuk dicoba.

Buah yang berwarna cerah ini tidak hanya lezat tetapi juga memiliki banyak manfaat yang membantu penurunan berat badan.

Jeruk kaya akan vitamin dan serat esensial, yang menjadikan buah ini menjadi cara alami dan menyenangkan untuk mengurangi beberapa kilogram berat badan.

Saat musim dingin tiba dan jeruk kembali musimnya, inilah saat yang tepat untuk mencoba buah ini.

Jeruk merupakan buah yang populer hampir di seluruh dunia, dikenal karena rasanya yang manis dan asam. Jeruk biasanya berbentuk bulat dengan kulit tebal berwarna orange dan daging buah yang berair dan bersegmen di dalamnya.

Untuk menurunkan berat badan, dilansir dari Health Shots, jeruk memiliki beberapa pengaruh baik untuk tubuh karena mengandung banyak nutrisi penting termasuk vitamin C, serat, dan berbagai antioksidan. Begini penjelasannya!

1. Rendah kalori

Jeruk merupakan pilihan yang fantastis untuk camilan karena rendah kalori. Jeruk berukuran sedang biasanya mengandung antara 60-80 kalori. Ini berarti kalian dapat menikmati camilan yang mengenyangkan tanpa khawatir mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang kalian bakar akan sangat penting untuk menurunkan berat badan. Jeruk dapat membantu mencapai defisit kalori ini.

2. Tinggi serat

Jeruk mengandung banyak serat makanan, terutama serat larut. Jenis serat ini dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan rasa kenyang, yang nantinya akan membantu kalian merasa kenyang dan puas untuk waktu yang lebih lama.

Ketika kalian merasa kenyang secara otomatis kalian akan cenderung tidak akan ngemil atau makan berlebihan di antara waktu malam.

Secara signifikan, ini akan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan, sehingga lebih mudah untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

3. Hidrasi

Jeruk terdiri dari kandungan air yang tinggi, biasanya sekitar 85-90 persen. Ini berarti ketika mengonsumsi jeruk, kalian juga mengonsumsi sejumlah air.

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga metabolisme dan tingkat energi sehat. Keduanya sangat penting untuk menurunkan berat badan. Hidrasi yang cukup membantu tubuh untuk berfungsi secara optimal dan mencegah kelelahan.

Kandungan air yang tinggi dapat membantu kalian merasa kenyang tanpa menambahkan kalori ekstra. Hal ini karena air dalam jeruk memakan tempat di perut kalian dan membuatnya merasa puas dengan ukuran porsi yang lebih kecil.

4. Indeks glikemik rendah

Jeruk memiliki indeks glikemik (IG) rendah. Hal ini berarti buah ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang lebih lambat dan bertahap dibandingkan dengan makanan dengan IG tinggi.

Ini terjadi karena jeruk kaya akan serat, yang dapat memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Ketika kadar gula darah naik perlahan, hal ini dapat membantu mencegah lonjakan.

Lonjakan ini dapat menyebabkan peningkatan keinginan dan rasa lapar, sehingga sulit untuk mengelola berat badan kalian.

5. Kaya akan vitamin C

Vitamin C yang banyak terdapat pada jeruk berperan penting dalam metabolisme lemak. Vitamin C membantu tubuh mengubah lemak menjadi energi yang mampu mendorong penurunan berat badan.

Kadar vitamin C cukup penting untuk produksi karnitin yaitu senyawa yang membantu pembakaran lemak selama berolahraga. Selain itu, vitamin C dapat membantu melawan peradangan yang dapat memperlambat penurunan berat badan.

Dengan mengonsumsi jeruk, kalian dapat mengurangi peradangan dan membantu tubuh membakar lemak dengan lebih efektif. Hal ini dapat berkontribusi pada tubuh yang lebih sehat dan ramping.

6. Manis alami

Jeruk merupakan alternatif alami dan sehat untuk camilan dan makanan penutup yang manis. Rasa manis alami pada jeruk dapat memuaskan keinginan kalian tanpa menambahkan kalori yang tidak perlu atau bahan-bahan yang tidak sehat.

Dengan mengganti camilan manis kalian dengan buah jeruk, kalian akan mampu mengurangi asupan gula secara keseluruhan. Hal ini tentunya sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat.

7. Meningkatkan metabolisme

Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk membantu meningkatkan metabolisme. Hal ini akan membuat tubuh dapat membakar kalori dengan lebih efisien. Laju metabolisme yang lebih tinggi dapat berkontribusi pada penurunan berat badan seiring berjalannya waktu.

Memasukkan jeruk ke dalam diet seimbang, bersama dengan aktivitas fisik yang teratur, dapat secara efektif mendukung upaya penurunan berat badan kalian dengan lebih cepat.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #pilihan #buah #untuk #diet #yang #menyenangkan #apakah #jeruk #bisa #turunkan #berat #badan #begini #jawaban

KOMENTAR