Bahaya Gout Arthritis atau Peradangan Sendi karena Kadar Asam Urat Tinggi, Ketahui Gejala dan Pencegahannya
Asam urat atau dalam bahasa medisnya disebut Gout Arthritis merupakan peradangan sendi yang terjadi karena kadar asam urat dalam tubuh terlalu tinggi. (Freepik.com/freepik)
20:41
10 Januari 2024

Bahaya Gout Arthritis atau Peradangan Sendi karena Kadar Asam Urat Tinggi, Ketahui Gejala dan Pencegahannya

Asam urat atau dalam bahasa medisnya disebut Gout Arthritis merupakan peradangan sendi yang terjadi karena kadar asam urat dalam tubuh terlalu tinggi, dilansir dari kanal YouTube Ini Kata Dokter. Asam urat paling sering dialami oleh laki-laki di atas usia 30 tahun atau perempuan yang sudah mengalami menopause.

Tubuh menghasilkan asam urat alami dari pemecahan suatu zat yang bernama Purin. Terdapat dua sumber alami dari Purin yakni makanan yang biasa dikonsumsi, dan Purin yang berasal dari dalam tubuh sendiri.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah, lalu disaring oleh ginjal. Setelah sudah selesai digunakan oleh tubuh, asam urat akan dibuang melalui urin.

Penyebab Asam Urat Tinggi

Namun, terdapat beberapa kondisi mampu membuat kadar asam urat dalam darah menjadi sangat tinggi, di antaranya:

1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung Purin

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung Purin rupanya juga menjadi salah satu alasan naiknya kadar asam urat yang ada pada tubuh kita.

2. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal mampu membuat ginjal tidak mampu menjalankan tugasnya untuk membuang sisa asam urat ke dalam urin.

3. Pemakaian obat-obatan tertentu

Misalnya obat anti hipertensi yang bisa membuat kadar asam urat tinggi.

4. Kondisi yang belum diketahui secara pasti seperti kelainan genetik

Gejala Asam Urat Tinggi

Normalnya, kadar asam urat dalam darah berkisar kurang dari 6,8 mg/dl. Jika kadar asam urat di darah sudah melebihi 6,8, asam urat ini bisa menumpuk sehingga menghasilkan kristal monosodium urat pada sendi-sendi dan jaringan di sekitarnya.

Kristal monosodium urat ini berbentuk seperti jarum yang mengakibatkan peradangan sehingga membuat sendi menjadi bengkak, nyeri, dan memerah. Nah inilah yang disebut dengan Gout Arthritis.

Gout atau asam urat biasanya hanya memengaruhi satu sendi. Namun bila sudah semakin parah bisa juga mempengaruhi beberapa sendi.

Gejala asam urat biasanya:

1. Nyeri sendi, terutama pada pagi hari
2. Sendi bengkak
3. Kemerahan
4. Terasa hangat bila ditekan

Asam urat biasanya sering terjadi pada bagian jempol kaki. Tetapi, bisa juga timbul di bagian sendi lain seperti pergelangan kaki, lutut, lengan, pergelangan tangan, siku, bahkan di jaringan lunak dan tendon.

Jika merasa kadar asam urat di darah tinggi, segeralah berkonsultasi pada dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat anti radang serta obat untuk mengontrol kadar asam urat seperti Allopurinol.

Komplikasi Asam Urat

Jika tidak ditangani dengan baik, asam urat bisa menyebabkan komplikasi, seperti:

1. Tophi

Tophi merupakan benjolan yang muncul di area sendi karena penumpukan kristal asam urat.

2. Kerusakan sendi

Sendi yang meradang secara kronis akibat kristal asam urat, lambat laun bisa menjadi rusak.

3. Batu ginjal

Kadar asam urat yang tinggi dapat memicu munculnya batu ginjal atau yang paling parah adalah kondisi gagal ginjal.

Pencegahan Asam Urat

Supaya terhindar dari penyakit asam urat, lakukan hal ini untuk mencegah kadar asam urat tinggi, seperti:

1. Hindari makanan dengan kadar purin tinggi, seperti ati ampela, jeroan, ekstrak ragi, daging sapi dan daging domba, daging babi, sarden, lobster, kerang, udang, kepiting, bayam, emping, dan buah nangka.
2. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung soda yang mengandung kadar gula atau fruktosa yang tinggi serta kurangi minuman beralkohol.
3. Konsumsi makanan rendah lemak.
4. Olahraga secara rutin 3-5 kali dalam seminggu 30-60 menit.
5. Minum air putih lebih dari 2 liter per hari.

Jadi, kalau ditanya usia muda bisa terkena asam urat? Jawabannya bisa banget. Karena pengaruh gaya hidup itu sendiri. Jadi, mulai sekarang dijaga pola makannya, harus olahraga juga, dan tetap jaga kesehatan.

 

Editor: Edy Pramana

Tag:  #bahaya #gout #arthritis #atau #peradangan #sendi #karena #kadar #asam #urat #tinggi #ketahui #gejala #pencegahannya

KOMENTAR