6 Buah yang Sehat yang Dapat Dikonsumsi Lansia, Salah Satunya untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Ilustrasi berbagai jenis buah. (Freepik)
08:15
12 Oktober 2024

6 Buah yang Sehat yang Dapat Dikonsumsi Lansia, Salah Satunya untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

- Menyediakan makanan sehat untuk lansia sering kali menjadi tantangan, terutama karena kebutuhan gizi mereka mungkin berbeda dari orang dewasa yang lebih muda.

Akan tetapi, dengan bantuan pengasuh profesional, kamu dapat memastikan bahwa orang terkasih mendapatkan pola makan yang seimbang dan bergizi.

Pengasuh ini mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan serta menyiapkan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi lansia, memperhatikan faktor-faktor seperti kesehatan jantung, kadar gula darah, dan alergi makanan.

Dengan dukungan ini, orang terkasih tidak hanya akan menikmati makanan yang lezat, tetapi juga memperoleh nutrisi yang diperlukan guna menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Dilansir dari homecareassistancetampabay.com, berikut deretan buah yang sehat untuk dikonsumsi lansia agar terhindar dari masalah kesehatan.

1. Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Pepaya

Sebuah buah pepaya mengandung lebih dari 200 persen dari kebutuhan harian vitamin C yang dianjurkan. Nutrisi ini membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dalam melawan penyakit.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas berbahaya. Selain itu, vitamin ini juga mampu memperlambat munculnya kerutan dan kerusakan kulit lainnya yang berkaitan dengan penuaan.

Meningkatkan asupan vitamin C hanyalah salah satu dari berbagai cara bagi lansia dalam menjaga kesehatan mereka.

Para lansia yang ingin tetap sehat seiring bertambahnya usia dapat merasakan manfaat yang signifikan dengan mendapatkan perawatan profesional di rumah.

2. Jauhi Diabetes dengan Jeruk Bali

Jeruk bali dapat mengurangi risiko resistensi insulin, dan lansia tidak perlu mengonsumsi buahnya secara utuh. Mereka bisa mendapatkan manfaat dengan hanya minum satu porsi jus jeruk bali setiap hari atau mengonsumsi suplemen jeruk bali.

Meskipun segelas jus atau pil tidak akan memberikan rasa kenyang seperti memakan buahnya, keduanya tetap bisa membantu tubuh dalam mengontrol kadar insulin.

3. Jinakkan Kolesterol dengan Apel

Apabila kamu khawatir dengan kadar kolesterol lansia, pertimbangkan untuk menyimpan apel. Buah ini kaya akan pektin dan antioksidan. Selain membantu menurunkan kolesterol, apel juga dapat melindungi dari asma dan penyakit paru obstruktif kronis.

4. Tingkatkan Kesehatan Jantung dengan Jeruk Mandarin

Buah kecil ini lezat dan ideal sebagai camilan. Jeruk mandarin juga mengandung flavonoid yang dapat melindungi tubuh dari sindrom metabolik yang mencakup tiga penyakit, yakni penyakit arteri koroner, diabetes tipe 2, dan stroke.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang dengan Plum Kering

Dikenal sebagai buah prem, plum kering sangat bermanfaat bagi wanita. Mengonsumsi sekitar setengah cangkir setiap hari dapat meningkatkan hormon yang berperan dalam pembentukan tulang.

Buah ini juga membantu melindungi tulang dari kerapuhan yang sering terjadi saat kadar estrogen menurun.

6. Lindungi Gigi dengan Cranberry

Cranberry bukan hanya makanan pendamping untuk Thanksgiving. Buah ini mampu mencegah bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Namun, perhatikan kandungan gula yang sering menyertainya. Cara terbaik dalam menikmati cranberry adalah dengan membelinya segar dan merebusnya sendiri.

Vitamin dan mineral dalam buah selalu bermanfaat, tetapi banyak orang tidak menyadari bahwa makanan bergizi ini bisa memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh.

Jadi, lain kali kamu dan orang terkasih pergi ke toko kelontong, tinggalkan camilan kemasan dan pilihlah buah-buahan yang bermanfaat ini.

Demikian beberapa rekomendasi buah yang buah yang sehat untuk dikonsumsi lansia, di mana salah satunya mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #buah #yang #sehat #yang #dapat #dikonsumsi #lansia #salah #satunya #untuk #meningkatkan #kekebalan #tubuh

KOMENTAR