10 Tanda Seseorang Memiliki Kepribadian INFJ, Berikut Penjelasannya
ILUSTRASI. Kepribadian INFJ (Freepik)
22:08
27 Januari 2024

10 Tanda Seseorang Memiliki Kepribadian INFJ, Berikut Penjelasannya

 

INFJ adalah akronim dari introvert, intuitive, feeling, and judging. Istilah INFJ ini sering digunakan untuk membedakan salah satu jenis kepribadian dari 16 jenis kepribadian dalam tes MBTI.

Istilah INFJ ini belum familiar di telinga masyarakat, sehingga banyak yang belum mengetahui apa itu INFJ. INFJ adalah hasil yang menunjukkan bahwa Anda memiliki tipe kepribadian yang digambarkan sebagai Introvert, Intuitive, Feeling, dan Judging.

Orang yang memiliki tipe kepribadian ini biasanya disebut sebagai seseorang yang idealis. INFJ sendiri disebut sebagai tipe kepribadian yang sangat langka di dunia.

Bahkan dari data yang dihimpun, diperkirakan hanya sekitar 2 persen populasi dunia yang memiliki kepribadian ini. Hal ini karena kepribadian INFJ memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dengan tipe kepribadian lainnya.

Dilansir dari Newtraderu, Sabtu (27/1), berikut ini adalah tanda-tanda seseorang memiliki kepribadian INFJ.

1. Merasa disalahpahami orang lain

INFJ memiliki pemikiran dan perasaan yang sangat dalam dan kompleks, yang dapat membuat mereka terisolasi dari luar. Jika kamu tidak menemukan orang-orang yang memahamimu, mungkin kamu adalah seorang INFJ.

2. Seorang Introvert

Introvert adalah sebuah kepribadian dimana seseorang yang memiliki kepribadian tersebut lebih banyak menghabiskan waktunya sendirian atau berada di kelompok kecil. Jika kamu lebih memilih menghabiskan waktu sendirian atau mengisi energi dengan sendirian, mungkin bisa jadi kamu adalah seorang INFJ.

3. Memiliki moral kuat

INFJ sering kali merupakan individu yang sangat berbelas kasih dan berempati dengan pemahaman yang kuat tentang benar dan salah. Jika Anda sangat menyukai isu keadilan sosial dan selalu mencari cara untuk membantu orang lain, itu bisa menandakan bahwa Anda seorang INFJ.

4. Pemecah masalah yang kreatif

Karena seorang INFJ biasanya memiliki pemikiran dan perasaan yang lebih mendalam, pemilik kepribadian tersebut mampu mengembangkan solusi dari suatu masalah dengan inovatif dan kreatif. Pemilik kepribadian tersebut selalu melakukan pendekatan yang unik terhadap suatu tantangan untuk memperbaiki keadaan.

5. Batin yang kuat

INFJ adalah pemikir yang mendalam dan sering kali memiliki kehidupan batin yang kaya dan penuh dengan pemikiran dan perasaan yang kompleks. Menemukan diri Anda tenggelam dalam pikiran dan terus-menerus merenungkan pengalaman Anda bisa menjadi tanda bahwa Anda seorang INFJ.

6. Pendengar yang baik

INFJ mampu mendengarkan seseorang dengan penuh perhatian dan sangat bisa memberikan respon yang berempati dan mendukung. Kalau kamu sering dijadikan tempat curhat karena mendengarkan seseorang dengan baik dan meminta solusi kepada kamu, mungkin kamu bisa jadi seorang INFJ.

7. Intuisi kuat

INFJ dikenal karena intuisinya yang tajam dan kemampuannya memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Jika Anda terus-menerus menangkap isyarat halus dan merasakan ada sesuatu yang tidak beres, Anda mungkin seorang INFJ.

8. Perfeksionis

INFJ memiliki standar yang tinggi untuk dirinya sendiri atau orang lain dan terkadang bisa menjadi seorang yang perfeksionis. Orang perfeksionis akan melakukan pekerjaan dengan sangat teliti dan berhati-hati. Jika kamu merasa dirimu perfeksionis, mungkin bisa jadi kamu seorang INFJ.

9. Rasa empati kuat

INFJ dikenal karena kemampuannya berempati secara mendalam terhadap orang lain dan memahami perasaan mereka. Jika kamu merasa sangat tersentuh oleh pengalaman dan perjuangan orang lain, itu bisa menandakan bahwa kamu adalah seorang INFJ.

10. Peka terhadap orang lain

Seorang INFJ sangat bisa memahami perasaan orang lain. Pemilik kepribadian tersebut juga sangat berempati terhadap emosi orang lain. Jika kamu mudah terpengaruh oleh suasana hati orang-orang di sekitarmu, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu seorang INFJ.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #tanda #seseorang #memiliki #kepribadian #infj #berikut #penjelasannya

KOMENTAR