Dari Ganggu Kualitas Tidur hingga Stres, Simak 7 Risiko Kesehatan Akibat Penggunaan Handphone
ilustrasi orang yang bermain handphone kala waktu tidur. Sumber foto: Freepik
14:30
7 Oktober 2024

Dari Ganggu Kualitas Tidur hingga Stres, Simak 7 Risiko Kesehatan Akibat Penggunaan Handphone

– Memiliki handphone terasa sama pentingnya dengan makanan dan air di dunia digital saat ini.

Agar tetap terhubung dengan orang-orang terkasih hingga memiliki semua informasi yang kita butuhkan di ujung jari, handphone sangat praktis.

Namun, meskipun alat ini membuat hidup lebih mudah, terlalu sering penggunaannya bisa menjadi buruk. Kecanduan ponsel dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Dikutip dari Healthshots, Senin (7/10), berikut 7 risiko kesehatan akibat penggunaan handphone yang terlalu sering pada mental dan fisik Anda.

Ganggu kualitas tidur

Sebuah studi menunjukkan bahwa menggunakan ponsel setidaknya 30 menit setelah lampu dimatikan memengaruhi kualitas tidur, meningkatkan risiko kantuk di siang hari dan latensi tidur

Mengurangi penggunaan ponsel sebelum tidur atau beralih ke mode malam dapat menjaga siklus tidur yang sehat.

Kelelahan mata

Menatap layar kecil dalam waktu lama dapat menyebabkan mata tegang. Layar ponsel memancarkan cahaya biru yang menimbulkan penglihatan kabur, mata kering, sakit kepala, dan kesulitan fokus.

Menurut penelitian, pengguna smartphone memiliki risiko 39,7 persen lebih tinggi mengalami nyeri mata dan mata kering dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.

Text neck

Kondisi ini terjadi ketika otot-otot di leher dan bahu menjadi kaku atau nyeri karena menundukkan kepala dalam waktu lama saat menggunakan ponsel.

Sebuah studi dari Peel Journal mengungkapkan bahwa risiko gangguan leher lebih tinggi di kalangan pengguna ponsel. Untuk menghindarinya, lakukan peregangan secara teratur dan pegang ponsel sejajar dengan mata.

Masalah jantung

Penggunaan ponsel, terutama menjelang tidur, juga dikaitkan dengan masalah jantung.

Paparan ponsel dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Risiko ini terutama tinggi di kalangan perokok dan orang-orang dengan kondisi kronis seperti diabetes.

Cobalah untuk tidak menggunakan ponsel setidaknya 1 jam sebelum tidur.

Gangguan fungsi kognitif

Meskipun menyediakan akses cepat ke informasi, ketergantungan yang berlebihan pada ponsel dapat mengganggu fungsi kognitif.

Gangguan terus-menerus dari notifikasi atau beralih antar aplikasi dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk fokus pada tugas dan pekerjaan penting.

Paparan radiasi dari handphone menyebabkan gejala seperti daya ingat yang buruk, mudah lupa, gangguan, tidak dapat mengendalikan perhatian, dan lainnya.

Kecanduan

Orang-orang saat ini lebih terikat pada ponsel mereka, sering memeriksanya puluhan kali per hari.

Perilaku kompulsif tersebut bisa mengganggu kehidupan sehari-hari, interaksi sosial, dan bahkan kesejahteraan mental.

Orang yang kecanduan ponsel menunjukkan tingkat kecemasan lebih tinggi dan mengalami kesulitan untuk fokus pada tugas saat tidak memegang ponsel.

Stres psikologis

Banyak orang mengalami stres dan kecemasan akibat penggunaan ponsel setiap hari, terutama karena kebutuhan terus-menerus untuk tetap terhubung.

Kebiasaan ini dapat menyebabkan peningkatan masalah kesehatan mental, yang lama-kelamaan menimbulkan gejala stres, panik, gelisah, dan lainnya.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #dari #ganggu #kualitas #tidur #hingga #stres #simak #risiko #kesehatan #akibat #penggunaan #handphone

KOMENTAR