Apa Efek Minum Air Hangat Setiap Hari? Ketahui 7 Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh
Minum air hangat dapat mendetoksifikasi tubuh. (Pexels)
22:06
6 Oktober 2024

Apa Efek Minum Air Hangat Setiap Hari? Ketahui 7 Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

- Air memiliki banyak manfaat untuk tubuh jika diminum secara teratur, baik dalam kondisi hangat maupun dingin. Sebagian orang mungkin lebih menyukai minum air dalam kondisi dingin karena alasan lebih menyegarkan.

Beberapa orang justru menghindari minum air panas dengan alasan rasanya yang tidak enak dan lain sebagainya. Namun, air hangat ternyata memiliki segudang manfaat jika diminum setiap hari, terutama pagi hari.

Apalagi jika diminum secara rutin setelah bangun tidur, air hangat akan memberikan efek yang luar biasa bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaat minum air hangat setiap hari?

Baik untuk pencernaan

Melansir Medical Daily, minum air hangat setiap pagi ternyata dapat memberikan kekuatan pada pencernaan karena dapat mengurangi limbah metabolisme yang menumpuk dalam sistem kekebalan tubuh.

Minum air hangat juga dapat meningkatkan penyempitan usus serta dapat mengoptimalkan pembuangan.

Jika diminum setelah makan, air hangat juga dapat mempercepat proses pencernaan. Sebaliknya, jika diminum sebelum makan air hangat dapat membantu meningkatkan pergerakan lambung dan mencegah sembelit.

Sebagai detoksifikasi tubuh

Air hangat juga dapat membantu proses pengeluaran racun atau detoksifikasi pada tubuh.

Dalam Medical News Today dijelaskan bahwa air hangat dapat membantu mengeluarkan keringat yang dapat mengeluarkan racun dari tubuh serta membersihkan pori-pori.

Selain merangsang keluarnya keringat, air hangat juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urin.

Meredakan nyeri

Air hangat sangat ampuh jika diminum untuk meredakan sakit nyeri, seperti sakit kepala dan nyeri saat menstruasi.

Hal ini dikarenakan air hangat memiliki efek menenangkan dan menyejukkan, terutama pada otot perut serta dapat meredakan kram dan kejang otot secara instan.

Kembung saat haid juga dapat diredakan dengan cara minum air hangat karena dapat membantu merelaksasi otot.

Mencegah penuaan dini

Manfaat minum air hangat yang lainya adalah dapat menunda penuaan dini, hal ini dikarenakan air hangat dapat membantu membersihkan racun yang menyebabkan penuaan.

Air hangat juga bisa membantu memperbaiki sel-sel pada kulit serta meningkatkan elastisitasnya.

Mengatasi stres dan cemas

Segelas air hangat dapat membantu mengatasi stres dan cemas yang berlebihan.

Hal ini dikarenakan air hangat dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh sampai ke otak, sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Melancarkan pernapasan

Melansir Healthy Natural Diet, minum air hangat dapat membantu melegakan sistem pernapasan.

Uap pada air hangat dapat mengencerkan lendir serta mengurangi gejala flu, alergi serta kondisi asma. Air hangat juga dapat melegakan tenggorokan jika diminum oleh penderita batuk berdahak serta membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokan.

Untuk penderita sinus, air hangat juga dapat membantu merilekskan otot dalam rongga sinus, sehingga lendir di dalamnya bisa keluar lebih mudah.

Menghangatkan tubuh

Minum air hangat dapat membantu menghangatkan tubuh dari udara dingin. Selain itu, minum air hangat setelah bangun tidur juga membantu mengurangi respon tubuh terhadap udara dingin.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #efek #minum #hangat #setiap #hari #ketahui #manfaat #luar #biasa #bagi #kesehatan #tubuh

KOMENTAR