Penelitian Ungkap 7 Minuman Ini Bisa Membuat Seseorang Panjang Umur hingga 100 Tahun ke Atas, Apa Saja?
Ilustrasi jus cranberry. Sebuah tinjauan tahun 2020 menemukan bahwa minum jus cranberry dapat membantu meningkatkan tekanan darah secara signifikan. (Freepik)
20:24
3 Oktober 2024

Penelitian Ungkap 7 Minuman Ini Bisa Membuat Seseorang Panjang Umur hingga 100 Tahun ke Atas, Apa Saja?

- Minuman adalah salah satu konsumsi pasti manusia untuk tetap bertahan hidup. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa minuman ternyata dapat membuat hidup panjang umur? Beberapa minuman setelah melalui penelitian yang dilakukan dokter ternyata dapat membuat seseorang hidup lebih lama daripada kebanyakan orang.

Hal ini sudah dibuktikan oleh orang-orang yang panjang umurnya seperti penduduk di Zona Biru. Tentu ini tak berdiri sendiri. Anda harus melalukan gaya hidup sehat yang lain diiringi rutin meminum minuman yang dapat membuat panjang umur ini, dikutip dari Eatthis.com, Rabu (3/10).

1. Air mineral

Menurut laporan kesehatan Harvard Medical School, air mineral membantu pencernaan, membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel, membuang bakteri dari kandung kemih, melindungi organ dan jaringan, serta menjaga keseimbangan elektrolit (natrium).

Ahli jantung Dr. Leonard Pianko , MD, juga mencatat bahwa air dapat meningkatkan umur panjang Anda dengan menjaga kadar tekanan darah Anda dalam batas normal.

The National Academies of Science, Engineering, and Medicine merekomendasikan agar pria minum sekitar 3,7 liter (sekitar 125 ons) sehari dan wanita minum 2,7 liter (sekitar 91 ons) untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Kopi

Sebuah studi tahun 2018 yang menganalisis data dari sekitar setengah juta orang dewasa Inggris, menemukan bahwa peminum kopi—bahkan mereka yang minum kopi tanpa kafein—lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena berbagai penyakit selama periode studi 10 tahun.

"Selain mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, ada juga penelitian yang menunjukkan kopi dapat menurunkan risiko kanker hati, Parkinson, Alzheimer, penyakit jantung, kanker usus besar, dan stroke," kata Dr. Pianko.

Namun, nenambahkan banyak krim dan gula pada kopi jelas dapat meniadakan manfaat kesehatan tersebut.

Jadi sebaiknya Anda memberi rasa pada kopi Anda dengan sedikit susu kacang tanpa pemanis atau susu 2 persen dan rempah-rempah tanpa kalori—seperti pala dan kayu manis, yang diketahui dapat menstabilkan gula darah Anda .

3. Teh hijau

Penelitian dari Jepang mengungkapkan bahwa peminum teh hijau hidup lebih lama dari rerata orang. Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa minum teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko kematian pada mereka yang didiagnosis menderita diabetes tipe 2.

Dr. William Li , presiden dan direktur medis Angiogenesis Foundation dan penulis Eat To Beat Disease: The New Science of How Your Body Can Heal Itself, menambahkan bahwa daun teh hijau kaya akan bahan kimia bioaktif alami yang disebut katekin.

"Hal ini dapat membuat sel kanker kelaparan dengan memutus suplai darahnya, sekaligus menurunkan tekanan darah, meningkatkan metabolisme tubuh, dan merangsang sel induk untuk meregenerasi organ dari dalam ke luar," jelasnya.

"Semua aktivitas ini dapat membantu Anda hidup lebih lama."

4. Anggur merah

Sebuah studi Harvard menemukan bahwa minum anggur merah dikaitkan dengan umur yang lebih panjang.

Hal ni mungkin disebabkan oleh fakta bahwa penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi anggur merah dalam jumlah sedang dan berkurangnya risiko penyakit jantung.

Namun sebelum Anda mencoba menambahnya, perlu diingat bahwa kata kuncinya di sini adalah moderasi. Patuhi anjuran American Heart Association untuk membatasi konsumsi Anda hingga tidak lebih dari satu gelas anggur berukuran 4 ons sehari jika Anda seorang wanita, atau dua gelas jika Anda seorang pria.

5. Jus cranberry

Sebuah tinjauan tahun 2020 menemukan bahwa minum jus cranberry dapat membantu meningkatkan tekanan darah secara signifikan.

Studi lain mengaitkan minum jus cranberry rendah kalori dengan penurunan risiko penyakit jantung. Semua keutamaan itu membuat meminum jus cranberry dapat membuka potensi panjang umur untuk Anda.

6. Jus Karela

Warga Okinawa, gugusan pulau antara Jepang dan Taiwan, dikenal karena umur panjang mereka yang luar biasa, yang sering dikaitkan dengan pare, makanan pokok mereka.

Ada bukti yang mendukung hal ini juga. Pertama-tama, satu porsi pare seberat 100 gram mengandung 84 mg vitamin C, yang berarti hingga 100 persen dari jumlah yang direkomendasikan setiap hari. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang berperan dalam pencegahan penyakit.

Penelitian juga menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam sari buah karela mungkin memiliki khasiat melawan kanker dan dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik) sekaligus menurunkan kolesterol LDL (jahat), sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

Karena konsumsi jus pare yang berlebihan dapat menyebabkan sakit perut, di antara gejala GI yang tidak menyenangkan lainnya, sebaiknya minum sedikit saja—sekitar 30 mililiter sebagai permulaan. Anda dapat mencampur buah mentah dengan air untuk membuat jus karela (menambahkan sedikit lemon dan/atau madu untuk menghilangkan rasa pahit), atau Anda juga dapat merebus irisan pare kering atau kering dalam air untuk membuat teh pare.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #penelitian #ungkap #minuman #bisa #membuat #seseorang #panjang #umur #hingga #tahun #atas #saja

KOMENTAR