5 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan Tubuh, Mencegah Diabetes hingga Penyakit Jantung
Salah satu manfaat biji bunga matahari adalah untuk mencegah diabetes (freepik)
12:51
26 September 2024

5 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan Tubuh, Mencegah Diabetes hingga Penyakit Jantung

Biji bunga matahari berasal dari bagian tengah atau kepala bunga matahari. Biji ini merupakan tanaman asli yang dibudidayakan oleh suku Indian Amerika Utara.

Biji yang lembut dan beraroma kacang ini bisa dimakan mentah, dipanggang, dimasak, dikeringkan, digiling dan diperas sebagai sumber minyak. Pasalnya biji bunga matahari yang kaya akan antioksidan pelindung kesehatan, lemak baik, serat, protein nabati, vitamin E dan mineral.

Lantas apa saja manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan tubuh?

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan tubuh sebagaimana dilansir dari laman Health, Kamis (26/9) sebagai berikut :

1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Manfaat pertama biji bunga matahari adalah meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Biji ini memiliki sifat antimikroba, antibakteri, antivirus alami yang membantu menangkal kuman yang dapat membuat Anda sakit.

Selain itu, biji bunga matahari juga kaya akan selenium dan seng yang berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Kedua nutrisi ini juga memiliki efek anti peradangan.

2. Dapat mendukung penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama di Amerika Serikat bagi pria dan perempuan.

Meskipun aktivitas fisik teratur dan tidak merokok merupakan cara penting untuk mencegah penyakit jantung, namun nutrisi juga memiliki peranan penting dan biji bunga matahari dapat membantu.

Satu tinjauan penelitian menyimpulkan bahwa biji-bijian termasuk biji bunga matahari, melindungi kesehatan jantung karena aksi sinergis (gabungan) lemak baik, antioksidan, serat, protein dan mineralnya.

Secara kolektif, nutrisi ini memiliki efek positif pada pengaturan gula darah, kontrol tekanan darah dan peradangan. Inilah salah satu alasan mengapa makanan utuh seperti biji bunga matahari yang mengandung berbagai senyawa bioaktif.

Studi lain mengamati hubungan antara konsumsi biji-bijian dan faktor risiko penyakit jantung pada hampir 900 pria dan perempuan.

Peneliti menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi biji-bijian satu hingga dua kali per bulan termasuk biji bunga matahari memiliki kadar kolesterol total dan LDL jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi biji-bijian.

3. Dapat membantu mencegah atau mengelola diabetes

Di Amerika Serikat, lebih dari satu dari tiga orang dewasa menderita prediabetes tetapi 80 persen tidak tahu bahwa mereka menderita kondisi tersebut. Diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal kronis dan kehilangan penglihatan.

Sebuah kajian penelitian menyimpulkan bahwa biji-bijian termasuk biji bunga matahari dapat berperan dalam menurunkan kadar gula darah dan digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2.

Para ilmuwan mengatakan bahwa komponen bioaktif dalam biji-bijian ini berperan dalam pengaturan gula darah yang lebih baik dan pengobatan resistensi insulin.

4. Dapat mendukung manajemen berat badan yang sehat

Karena kandungan seratnya yang mengenyangkan serta kadar lemak dan protein yang mengenyangkan, biji bunga matahari merupakan pilihan yang baik untuk mengatur berat badan.

Efek antioksidan dan anti peradangan dari asam klorogenat dalam biji bunga matahari juga dapat berperan dalam pengaturan berat badan.

Satu penelitian kecil mengamati efek ekstrak biji bunga matahari dengan jumlah asam klorogenat yang distandarkan pada berat dan komposisi tubuh 50 orang dewasa yang mengalami obesitas.

Hasilnya para pemakan ekstrak biji bunga matahari juga mengalami penurunan kadar kolesterol darah.

5. Dapat mengurangi sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi yang secara bersama-sama meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, stroke dan masalah kesehatan.

Sebuah studi baru-baru ini meneliti hubungan antara kebiasaan mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian dengan sindrom metabolic pada lebih dari 22.000 orang dewasa AS.

Data tersebut mengungkapkan bahwa dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian, perempuan yang secara teratur mengonsumsi biji-bijian memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami sindrom metabolik. ***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #manfaat #biji #bunga #matahari #untuk #kesehatan #tubuh #mencegah #diabetes #hingga #penyakit #jantung

KOMENTAR