Panduan Praktik: Menjaga Kesehatan Mental di Era Modern
Wanita yang mengalami mental illness (wemustbebroken/Paul M. Falcone)
07:51
23 Januari 2024

Panduan Praktik: Menjaga Kesehatan Mental di Era Modern

– Ditengah dinamika kehidupan modern, penting untuk mengetahui wawasan dan strategi untuk menjaga kesehatan mental.

Di era ini, tekanan sehari-hari menjadi tantangan yang signifikan, jadi penting untuk mengelola kesehatan mental dengan bijak.

Di era modern, banyak tuntutan yang harus dipenuhi mulai dari tekanan pekerjaan, pergolakan sosial, sampai tuntutan teknologi yang terus berkembang pesat.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental tidak hanya menjadi prioritas pribadi, tapi merupakan hal penting untuk dikuasai supaya bisa menghadapi berbagai tantangan.

Kesehatan mental adalah kondisi dimana individu terbebas dari gejala-gejala gangguan mental.

Kehidupan akan berjalan secara normal saat mental individu sehat.

Kemampuan pengolahan stres akan digunakan dengan baik untuk menghadapi masalah-masalah yang ditemui sepanjang hidup.

Dikutip dari beberapa sumber, salah satu faktor utama yang mempengaruhi kesehatan mental di era modern adalah tekanan hidup yang meningkat.

Tekanan sosial dan ekonomi yang belum ada sebelumnya banyak tercipta di era gempuran teknologi dan globalisasi.

Isolasi sosial juga faktor yang signifikan mempengaruhi kesehatan mental di era modern.

Tantangan kesehatan mental di era modern terjadi akibat beberapa hal. Individu sering merasa terjebak dalam siklus pekerjaan dengan tuntutan yang terus meningkat demi mencapai kesuksesan.

Kehidupan yang sibuk seringkali membuat orang merasa kurang memiliki waktu bersosialisasi dengan teman ataupun keluarga.

Selain itu, media sosial seringkali menciptakan perasaan ketidakcukupan dan perbandingan sosial yang memicu rasa kesepian dan depresi.

Strategi Praktis Untuk Menjaga Kesehatan Mental

1. Teknik Relaksasi Sederhana

Teknik ini bisa dimulai dengan latihan pernapasan dan meditasi untuk meredakan stres. Latihan pernapasan dapat meningkatkan aliran oksigen ke sel-sel otak di kepala sehingga tekanan dalam otak menjadi lebih ringan dan bisa berfikir jernih.

Meditasi yang dilakukan rutin bisa menenangkan pikiran, meditasi juga menurunkan kadar hormone stress sehingga bisa lebih tenang.

Teknik selanjutnya adalah dengan olahraga yang bisa memberi pengaruh positif terhadap kesehatan mental.

Aktivitas olahraga dapat dilakukan dalam intensitas ringan hingga sedang, seperti berjalan cepat, bersepeda, hiking, atau jogging.

2. Pendekatan Mindfulness

Mindfulness adalah salah satu praktik yang bisa menjaga kesehatan mental.

Mindfulness bertujuan untuk membuat seseorang lebih fokus dan bisa memusatkan perhatian terhadap situasi saat ini serta dapat menerimanya dan tidak menghakimi. Mindfulness dapat membuat orang lebih mencintai diri sendiri.

Teknik sederhana mindfulness yang dapat dilakukan yaitu pertama ambil posisi nyaman, kemudian tarik nafas perlahan dan tahan hitung sampai 6, selanjutnya keluarkan pelan-pelan, baru kemudian perhatikan pikiran dan emosi yang dating serta terima dan rasakan saja, ambil nafas lagi, kemudian mati nafas dengan seluruh indra baru keluarkan perlahan.

3. Pengelolaan Waktu dan Prioritas

Waktu merupakan sumber sangat berharga untuk semua orang. Manajemen waktu dan prioritas diperlukan untuk membantu individu lebih produktif, memberikan keseimbangan antara bekerja dan bermain serta mencegah stres.

Pengaturan waktu dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk meningkatkan daya tahan dan kekebalan fisik maupun mental.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meredakan stres adalah dengan mulai mengatur waktu secara efektif, membuat prioritas sehingga dapat mengatasi tekanan dalam satu waktu.

Langkah-Langkah Konkrit Untuk Penerapan

1. Rencana Tindakan Pribadi

Langkah konkrit awal yang bisa dilakukan dengan membuat rencana pribadi untuk meningkatkan kesehatan mental.

Dengan rencana tersebut maka individu dapat mengidentifikasi tindakan konkrit yang dapat diambil.

Contoh rencana pribadi yang bisa dilakukan adalah pertama refleksi pribadi dengan memahami diri sendiri dan mengenali kekuatan serta sumber dukungan, kemudian tetapkan tujuan kesehatan mental jangka pendek dan panjang, identifikasi strategi pengelolaan stress, pengaturan waktu, mendukung keseimbangan hidup, self care.

2. Integrasi Strategi ke dalam Rutinitas Harian

Pada langkah ini hal yang bisa kita lakukan yaitu dengan identifikasi dulu waktu yang tepat untuk aktivitas tertentu.

Kemudian bagi waktu untuk aktivitas kesehatan mental, bisa juga membuat jadwal harian atau mingguan. Melakukan Teknik relaksasi di pagi atau malam hari.

Selain itu lakukan aktivitas fisik untuk olahraga yang menyenangkan. Jangan lupa istirahat selama jam kerja. Serta terakhir atur pengingat dan notifikasi di handphone.

Meningkatkan kesehatan mental di era modern adalah suatu yang mengharuskan untuk berkomitmen pada tindakan-tindakan kecil tiap harinya.

Dengan memahami dan mengintegrasikan strategi-strategi praktis dalam rutinitas setiap hari bisa menuju keseimbangan, ketenangan, dan kesejahteraan.

Sebagai penutup, ingatlah bahwa perusahan tidak bisa langsung terjadi dalam semalam saja.

Langkah kecil harus dilakukan secara konsisten untuk menumbuhkan kebiasaan positif dan bisa membangun pondasi kesehatan mental yang kokoh.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #panduan #praktik #menjaga #kesehatan #mental #modern

KOMENTAR