Ini 5 Rekomendasi Film Animasi Yang Bercerita tentang Pentingnya Kesehatan Mental, Ternyata Disukai Anak-Anak!
Poster film Inside Out 2, sekuel dari Inside Out pertama pada 2015. Sumber: wdwinfo.com
18:02
16 September 2024

Ini 5 Rekomendasi Film Animasi Yang Bercerita tentang Pentingnya Kesehatan Mental, Ternyata Disukai Anak-Anak!

Film animasi kerap diidentikkan dengan film yang menampilkan hiburan dan membuat senang penontonnya. Hal itu dikarena penggambaran karakter animasi yang imut dan lucu. 

Karena itu, film animasi sering menjadi favorit anak-anak. Padahal ada beberapa film animasi yang mengangkat cerita serius sehingga cukup sulit untuk dipahami oleh anak-anak. Salah satunya adalah film animasi yang mengangkat tema gangguan mental manusia.

Berikut adalah 5 rekomendasi film animasi yang mengangkat tema kesehatan mental manusia.

 1. My Life as a Zucchini

Film asal Swiss-Prancis ini menawarkan pandangan mendalam dan empatik tentang kehidupan anak-anak di panti asuhan. Film ini membawa pesan kuat tentang trauma, pemulihan, dan pentingnya dukungan sosial.

Film ini mengikuti kisah seorang anak laki-laki bernama Icare, yang lebih dikenal sebagai Zucchini. Setelah kehilangan ibunya dalam kecelakaan tragis, Zucchini dikirim ke panti asuhan di mana ia bertemu dengan anak-anak lain yang memiliki latar belakang yang penuh dengan kesulitan. 

Film ini menunjukkan bahwa meskipun hidup bisa penuh dengan kesulitan, dukungan dari teman dan orang dewasa yang peduli dapat membuat perbedaan besar. 

Anak-anak belajar bahwa tidak apa-apa merasa sedih atau takut, dan bahwa mencari bantuan dan berbicara tentang perasaan mereka adalah hal yang sangat penting

2. Finding Dory

Siapa sangka kalau film dengan karakter hewan laut ini ternyata merupakan salah satu film Pixar tentang mental health, lho!

“Finding Dory” menceritakan tentang pencarian seekor ikan bernama Dory (Ellen DeGeneres) yang menghilang akibat amnesia dan mengalami gangguan kecemasan.

Marlin (Albert Brooks), sahabat dekat Dory nekat pergi ke berbagai bagian laut demi menemukan sahabatnya. Namun, perjalanan nggak semulus bayangannya. Marlin malah mengingat kejadian trauma di masa lampau, yaitu kematian istrinya yang disebabkan oleh Barracuda. 

Meski begitu, pada akhirnya Marlin berhasil menghadapi rasa traumanya tersebut, sekaligus mengembalikan dirinya yang dulu.

3. Mary and Max

Film animasi Mary and Max yang tayang pada tahun 2009 ini menceritakan tentang karakter Max dan Mary yang sering merasa kesepian dan sulit berkomunikasi dengan orang lain.

Max merupakan seorang laki-laki yang berusia 44 tahun. Ia mendapatkan surat dari Mary, seorang gadis yang berusia 8 tahun. Karena mereka berdua sama-sama merasa kesepian, hal itu membuat mereka jadi menjalin hubungan persahabatan.

Sifat dari Max tersebut menggambarkan seseorang yang menderita sindrom Asperger. Seseorang yang menderita gangguan ini akan mengalami kesulitan apabila berkomunikasi dengan orang lain.

Namun, penderita sindrom Asperger dapat hidup mandiri sekaligus juga mempunyai IQ rata-rata bahkan tinggi. Sindrom Asperger bukan penyakit mental, namun hanya gangguan perkembangan mental.

4. Inside Out

Dilansir laman bobobox, Salah satu langkah yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan mengenali berbagai macam emosi di dalam diri. Hal itu pun digambarkan dengan jelas di film “Inside Out” dengan visualisasi yang memanjakan mata.

Film ini menyoroti keseharian seorang anak cewek yang memiliki lima emosi di dalam dirinya, yaitu Joy, Anger, Disgust, Fear, dan Anger. Setiap hari, Joy di emosi bahagia selalu merasa bahwa dirinya yang terpenting dan harus muncul setiap hari. 

Sama halnya dengan semua manusia yang menganggap bahwa setiap hari harus bahagia, seakan melarang diri untuk bersedih atau merasa marah. Padahal, nggak ada emosi yang negatif kalau bisa dikontrol dengan baik. 

5. BIG HERO 6

"Big Hero 6" adalah film animasi yang tidak hanya menawarkan petualangan seru dan penuh aksi, tetapi juga menggali tema kesehatan mental dengan cara yang menyentuh hati.

Film ini bercerita tentang Hiro Hamada, seorang jenius muda di bidang robotika, yang menghadapi kehilangan tragis kakaknya, Tadashi. Setelah kehilangan Tadashi dalam sebuah kebakaran, Hiro merasa hancur dan kehilangan arah.

Kehidupannya berubah ketika ia menemukan Baymax, robot kesehatan yang diciptakan oleh Tadashi untuk membantu orang-orang. 

Big Hero 6" secara efektif menyentuh berbagai aspek kesehatan mental, terutama yang berkaitan dengan berduka dan pemulihan.

Hiro mengalami berbagai tahap kesedihan, termasuk penolakan, kemarahan, dan akhirnya penerimaan. Baymax berperan sebagai penopang emosional yang membantu Hiro menghadapi rasa kehilangannya.

Film ini sangat bermanfaat bagi anak-anak dalam memahami emosi kompleks seperti kesedihan dan kehilangan. Anak-anak akan belajar pentingnya dukungan sosial dan keterbukaan dalam berbicara tentang perasaan mereka.

 

Editor: Bayu Putra

Tag:  #rekomendasi #film #animasi #yang #bercerita #tentang #pentingnya #kesehatan #mental #ternyata #disukai #anak #anak

KOMENTAR