4 Fakta Soal MSG, Alternatif Pengganti Garam, Bikin Tekanan Darah Tetap Stabil
Ilustrasi- Pemebrian MSG pada Makanan. (Freepik)
20:51
11 September 2024

4 Fakta Soal MSG, Alternatif Pengganti Garam, Bikin Tekanan Darah Tetap Stabil

– Informasi tentang Monosodium glutamate atau MSG tidak baik untuk kesehatan memang masih sering terdengar. Tapi ternyata, berdasarkan fakta ilmiah dan pengalaman pelaku kuliner, MSG justru aman dikonsumsi.

Seperti yang diungkapkan pemilik Ayam Bengis Resto, Leony Susan, baru-baru ini. Leony menjelaskan bahwa MSG berperan penting dalam menjaga kelezatan masakan tanpa perlu khawatir dengan asupan garam berlebih. Sehingga, MSG bisa menjadi alternatif yang efektif untuk menggantikan garam dalam makanan sehari-hari.

Diungkapkan Leony, MSG bekerja dengan meningkatkan rasa umami, yaitu rasa gurih alami yang terdapat pada makanan seperti daging, ikan, sayuran, dan keju. Sehingga MSG membantu menonjolkan rasa asli makanan, terutama dalam hidangan seperti sambal matah milik restorannya.

“Kami menggunakan MSG di banyak menu kami karena bisa mempertahankan rasa gurih tanpa perlu banyak garam. Ini sangat membantu terutama bagi pelanggan yang ingin menjaga kesehatan mereka,” jelas Leony baru-baru ini.

Fakta ini didukung oleh riset dari International Food Information Council (IFIC) yang menunjukkan bahwa MSG membantu menjaga cita rasa tanpa membahayakan kesehatan. Terlebih, dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Food Science, penggunaan MSG dapat mengurangi jumlah natrium hingga 30-40 persen dalam makanan tanpa mengurangi kelezatan. Sehingga, ada beberapa fakta tentang MSG yang ternyata tidak buruk untuk kesehatan.

“Gunakan MSG secukupnya. Tambahkan sedikit demi sedikit ke masakan, dan rasakan perbedaannya. MSG tidak butuh banyak untuk bisa menonjolkan rasa makanan,” sarannya.

Kandungan Natrium Lebih Rendah

Leony menjelaskan bahwa MSG memiliki kandungan natrium yang jauh lebih rendah dibandingkan garam. MSG memiliki sekitar 12 persen natrium dibandingkan garam biasa yang mengandung 40 persen.

MSG Aman Menurut WHO dan FDA

Leony juga menekankan bahwa MSG sudah diakui keamanannya oleh badan kesehatan global. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan FDA sudah lama menetapkan bahwa MSG aman dikonsumsi dalam batas wajar.  Berbagai studi telah membuktikan bahwa MSG aman digunakan dalam masakan sehari-hari dan tidak menyebabkan efek samping yang negatif selama dikonsumsi secara moderat.

Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Leony menambahkan bahwa mengurangi garam dan menggunakan MSG bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Penelitian dari American Heart Association juga menyarankan pengurangan natrium untuk menjaga kesehatan jantung, dan MSG bisa menjadi salah satu solusi efektif.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #fakta #soal #alternatif #pengganti #garam #bikin #tekanan #darah #tetap #stabil

KOMENTAR