Miliki Sungai Lintas Provinsi, Kota Banjarmasin Peroleh Masukan di World Water Forum 2024
Pasar Terapung Siring Sungai Martapura di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sebagai ilustrasi kegiatan bisnis dan kawasan perairan [ANTARA FOTO/Bayu Pratama].
09:54
23 Mei 2024

Miliki Sungai Lintas Provinsi, Kota Banjarmasin Peroleh Masukan di World Water Forum 2024

Pulau Kalimantan adalah area yang memiliki banyak cabang aliran sungai lintas provinsi dan kabupaten atau kota. Kondisinya selaras topik-topik dalam pertemuan World Water Forum 2024.

Dikutip dari kantor berita Antara, dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT yang berlangsung di Gedung Bali Nusa Dua Conference Center (BNDCC) itu, masukan dan saran terkait penanganan sungai di Pulau Kalimantan dikemukakan.

Ada empat sungai panjang dan luas yang berada di Pulau Kalimantan menjadi salah satu perhatian. 

Ibnu Sina, Wali Kota Banjarmasin hadir sebagai salah satu perwakilan Pulau Kalimantan. Ia turut berdiskusi bertukar pendapat bersama kepala daerah se-Asia Pasifik.

Baca Juga:Pemimpin Global Ulas Strategi Pembiayaan Campuran untuk Ketahanan Air di World Water Forum ke-10

“Sejak hari pertama kegiatan dibuka oleh Bapak Presiden Joko Widodo, sudah banyak rangkaian kegiatan. Setelah itu, kami kepala daerah se-Asia Pasifik saling bertukar informasi terkait dengan air," jelas Ibnu Sina tentang keikutsertaannya.

Ia menyatakan pertemuan forum air dunia yang dihadiri bersama kepala daerah se-Asia Pasifik di Bali itu turut membahas persoalan terkait dengan air dan limbah terutama aliran sungai yang melintasi antardaerah.

Kemudian berlangsung pertemuan organisasi antarkepala daerah atau United Cities and Local Governments (UCLG) sebagai organisasi internasional memayungi pemerintah kota baik lokal dan regional. Tujuan forum ini untuk mewakili serta membela kepentingan pemerintah daerah seluruh dunia.

Salah satu saran dan masukan bagi Kota Banjarmasin yang telah bekerja sama dengan Indah Water Consortium (IWK) Malaysia sejak 2022 adalah pengelolaan air limbah yang lebih berkualitas.

Bagi Kota Banjarmasin, masukan terhadap pengelolaan air di Kalimantan khususnya di Kalimantan Selatan yang memiliki Sungai Martapura atau lebih dikenal wilayah “Seribu Sungai” ini menarik. Sehingga banyak teknis yang dapat dipelajari untuk diterapkan di daerah.

Baca Juga:Melestarikan Sumber Air dan Mata Pencaharian Melalui Restorasi Mangrove Berbasis Masyarakat

“Bapak Menteri Dalam Negeri, Menteri ATR/BPN, Menteri PUPR, meminta kami yang di daerah yang memiliki potensi sungai luas dan panjang agar menjalin kerja sama lintas pemerintah daerah.

Semua daerah harus bersatu khususnya wilayah yang dilintasi sungai besar,” jelas Ibnu Sina.

Harapannya, event World Water Forum 2024 di Bali menjadi momentum menjalin jejaring kerja sama. Baik antarpemerintah daerah terkait dengan air, termasuk air limbah dan sanitasi.

Karena pengelolaan air adalah tanggung jawab bersama untuk melahirkan komitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #miliki #sungai #lintas #provinsi #kota #banjarmasin #peroleh #masukan #world #water #forum #2024

KOMENTAR