Es Krim Magnum di Inggris dan Irlandia 'Di-Recall' karena Diduga Mengandung Plastik dan Logam, Bagaimana dengan Produknya di Indonesia?
Logo PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). (dok. JawaPos.com)
23:18
23 April 2024

Es Krim Magnum di Inggris dan Irlandia 'Di-Recall' karena Diduga Mengandung Plastik dan Logam, Bagaimana dengan Produknya di Indonesia?

- Es krim Magnum yang diproduksi Unilever Plc, ditarik dari peredarannya di pasar Inggris dan Irlandia. Pengumuman penarikan produk ini sebagaimana dilaporkan oleh Badan Standar Pangan Inggris (FSA) pada Rabu (17/4).

Terkait itu, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) buka suara dan memastikan bahwa penarikan itu dilakukan sebagai bentuk aksi pencegahan untuk produk yang berproduksi di Inggris dan Irlandia.

Marketing Lead Magnum Indonesia, Aliqa Sendyalaras mengatakan hal itu juga dilakukan sebagai bentuk perusahaan untuk menjaga keamanan produk.

"Keamanan produk adalah prioritas utama kami. Terkait pemberitaan seputar penarikan produk Magnum di Inggris dan Irlandia baru-baru ini, dapat dipastikan bahwa langkah ini merupakan aksi pencegahan hanya untuk produk yang diproduksi di Inggris dan Irlandia, dan dalam jumlah terbatas," kata Aliqa kepada JawaPos.com, Selasa (23/4).

Lebih lanjut, Aliqa juga memastikan bahwa produk Magnum yang dijual dan didistribusikan di Indonesia aman untuk dikonsumsi. Pasalnya, produk Magnum Indonesia tidak diproduksi di Inggris ataupun Irlandia.

"Kami tegaskan bahwa semua produk Magnum yang dijual dan didistribusikan secara resmi di Indonesia tidak diproduksi di Inggris dan/atau Irlandia, sehingga aman untuk dikonsumsi," tegasnya.

"Produk Magnum yang dijual di Indonesia diproduksi dengan standar tertinggi, mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan memiliki izin lengkap dari lembaga terkait, termasuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," pungkasnya.

Mengutip laman resmi FSA, Unilever telah menarik tiga bungkus es krim Magnum varian Classic. FSA menuliskan bahwa kemungkinan produk ini mengandung bahan plastik dan logam.

Adapun kode produk es krim Magnum yang ditarik tersebut, antara lain L3324, L3325, L3326, L3327, dan L3328. Produk yang dijual di Inggris dan Irlandia itu memiliki waktu kedaluwarsa hingga November 2025.

"Produk ini mungkin mengandung potongan logam sehingga tidak aman untuk dimakan," bunyi pengumuman FSA.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #krim #magnum #inggris #irlandia #recall #karena #diduga #mengandung #plastik #logam #bagaimana #dengan #produknya #indonesia

KOMENTAR