Usaha Bidang Logam, Kayu, dan Api Akan Melaju di Tahun Naga Kayu
DIPREDIKSI MENGUNTUNGKAN: Pengunjung mamadati pameran otomotif di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu. Pada 2575 Kongzili kali, muncul elemen kayu. Kayu dikendalikan logam. (MUHAMAD ALI/JAWA POS)
14:36
9 Pebruari 2024

Usaha Bidang Logam, Kayu, dan Api Akan Melaju di Tahun Naga Kayu

- Elemen kayu adalah pohon besar, tegak berdiri, dan keras. Karena itu, sifatnya kaku, kurang luwes. Ini boleh ditafsirkan bahwa situasi dan kondisi bisnis di Tahun Naga Kayu akan cenderung bersifat kaku. Situasinya tidak mudah untuk melakukan negosiasi. Sebab, kebanyakan orang atau pihak bakal bertahan pada jalan pikiran sendiri-sendiri.

Dalam teori 5 elemen, dikenal controlling cycle (siklus pengendalian). Yaitu, air mengontrol api, api melelehkan logam, logam memotong kayu, kayu menstabilkan tanah, dan tanah membendung air. Elemen yang dikontrol adalah uang dan kemakmuran.

Tahun ini muncul elemen kayu. Kayu dikendalikan logam. Jadi, kayu adalah uang dan kemakmuran bagi logam. Karena itu, mereka yang bisnis di bidang logamlah yang menjadi kaya pada tahun ini.

”Bisnis di bidang logam adalah banking, high tech (teknologi maju), otomotif, mesin, bengkel, engineering, dan perhiasan. Produksi senjata juga akan berkembang pesat. Apalagi, munculnya perang Rusia-Ukraina dan Israel-Hamas,” ungkapnya.

Kali ini elemen kayu muncul bersamaan dengan naga yang berunsur tanah. Tanah dikontrol atau distabilkan kayu. Karena itu, mereka yang berbisnis di bidang kayu bakal memperoleh kemakmuran. ”Usaha yang terkait dengan kayu, antara lain, perkebunan, kayu gelondongan (wood logging), furnitur, obat-obatan, alat-alat kesehatan, kedokteran, lingkungan, florist, pendidikan, dan bidang jasa,” paparnya.

Menurut Mauro, bisnis di bidang tanah dan air diprediksi berjalan lambat. Usaha yang terkait dengan api akan lumayan seiring dengan majunya bisnis bidang logam dan kayu. Sebab, api ditopang kayu.

Sementara itu, ketika memasuki 2024, fengsui bakal menuju periode 9, yang disimbolkan trigram LI, yang disimbolkan api. Karena itu, bisnis yang terkait dengan api boleh dibilang cukup lumayan.

Selain itu, dalam teori lima elemen tersebut, kayu dengan tanah terlibat konflik karena kayu menginjak tanah. Diprediksi, konflik, permusuhan, dan peperangan masih terjadi. ”Ini tidak hanya terjadi di Eropa dan Timur Tengah, tetapi juga dalam skala kecil. Misalnya, keluarga,” ujarnya.

Karena itu, diperlukan elemen ketiga untuk menciptakan keseimbangan baru, yakni api. Sebab, api dihasilkan kayu, sedangkan api menghasilkan tanah. Dengan demikian, ”ancaman” kayu terhadap tanah berkurang dengan hadirnya unsur api.

”Bisnis di bidang api, antara lain, restoran, elektronik, EV, kimia, fashion, dunia hiburan, saham, valas, serta artificial intelligence,” tandasnya. (bil/c14/dio)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #usaha #bidang #logam #kayu #akan #melaju #tahun #naga #kayu

KOMENTAR