PMSol Bahas Masa Depan Industri Maritim dengan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan RI di Marine Solutions Summit 2024
Ilustrasi: Marine Solutions Summit 2024 yang diselenggarakan PMSol. (Istimewa)
10:00
15 September 2024

PMSol Bahas Masa Depan Industri Maritim dengan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan RI di Marine Solutions Summit 2024

PT Pertamina Marine Solutions (PMSol) selaku anak usaha PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) mengundang Dr. Hartanto selaku Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk membahas isue global masa depan industri maritim.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Marine Solutions Summit 2024 yang diselenggarakan PMSol di Merusaka Nusa Dua, Bali pada 12 September lalu. Sesi ini membahas Era Maritime Autonomous Surface Ship (MASS) dan Green Shipping Era yang penting untuk industri maritim karena meningkatkan keamanan, efisiensi operasional, dan pengurangan dampak lingkungan.

Hartanto, dalam keterangan tertulis yang diterima, menjelaskan bahwa MASS adalah sebagai kapal yang dapat beroperasi secara mandiri tanpa interaksi manusia. Teknologi MASS mengurangi risiko kecelakaan dan mengoptimalkan rute, sementara inovasi ramah lingkungan membantu mengurangi emisi dan memenuhi regulasi global, serta menghemat biaya dan memperbaiki reputasi perusahaan.

“Terdapat empat tingkatan otomatisasi kapal, tingkat satu adalah dimana proses otomatis dan masih terdapat crew di kapal, tingkat dua dengan kontrol jarak jauh dan masih terdapat crew di kapal, tingkat tiga dengan kontrol jarak jauh tanpa crew di kapal, dan tingkat empat dengan kapal sepenuhnya otonom yang membuat keputusan dan tindakan secara mandiri,” ungkap Hartanto.

Ia melanjutkan, pembahasan mengenai Green Shipping Era sangat erat kaitannya dengan dekarbonisasi, yaitu upaya untuk mengurangi emisi karbon dan dampak lingkungan dari industri maritim. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencapai dekarbonisasi adalah dengan memanfaatkan bahan alternative marine fuels, yang dirancang untuk mengurangi jejak karbon kapal dan mendukung praktik pengiriman yang lebih ramah lingkungan.

Hartanto menegaskan bahwa perubahan dalam dinamika industri maritim pasti akan terjadi dan yang harus dilakukan adalah melangkah maju dengan menghadapi perubahan tersebut melalui strategi-strategi yang tepat. 

Dalam perkembangan terkini mengenai MASS dan potensi berkembangnya Green Shipping Era, PMSol akan terus melangkah maju dengan menyiapkan strategi-strategi inovatif untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ada. PMSol percaya bahwa dengan pendekatan ini, mereka akan mampu bersaing secara efektif dan menjadi penyedia solusi maritim terintegrasi yang terkemuka, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Kegiatan Marine Solutions Summit 2024 yang baru pertama kali diselenggarakan, ternyata mendapat tanggapan positif dan antusias besar dari peserta. Dihadiri tidak hanya dari Pertamina Group, pihak regulator, Akademisi dan Praktisi ekonomi, melainkan juga hadir eksklusif para expert maritim baik Indonesia dan luar negeri yang berpengaruh langsung di bisnis maritim internasional.

Optimistis, Marine Solutions Summit 2024 akan berlanjut di tahun-tahun selanjutnya sebagai salah satu wadah profesional pelaku bisnis maritim, menjadi ajang forum terdepan di dunia internasional dalam mensiasati dan menghadapi issue-issue dan tantangan global.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #pmsol #bahas #masa #depan #industri #maritim #dengan #direktur #lalu #lintas #angkutan #laut #kementerian #perhubungan #marine #solutions #summit #2024

KOMENTAR