Anggaran Pemeliharaan Gedung IKN Tembus Rp26 Triliun
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. [Suara.com/Novian]
13:39
21 Agustus 2024

Anggaran Pemeliharaan Gedung IKN Tembus Rp26 Triliun

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono, mengajukan usulan tambahan anggaran sebesar Rp26 triliun untuk tahun anggaran 2025.

Dana tersebut ditujukan khusus untuk pemeliharaan gedung-gedung di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam keterangannya, Basuki menjelaskan bahwa kebutuhan pemeliharaan gedung di IKN sangat mendesak.

"Itu butuh anggaran juga. Kami usulkan anggaran lainnya," kata Basuki saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2024). "Kami mengusulkan, kalau bocorannya Rp26 triliun (untuk pemeliharaan infrastruktur)," sambungnya.

Baca Juga: Unboxing Isi Snack Upacara HUT RI di IKN, Mereknya Diganti Logo?

Usulan ini tentu akan menjadi sorotan mengingat proyek pembangunan IKN yang telah menelan biaya yang sangat besar. Pemerintah dan DPR akan mengevaluasi usulan ini secara cermat sebelum memutuskan apakah akan menyetujui atau tidak.

Menurutnya, seluruh infrastruktur yang telah dibangun Kementerian PUPR di IKN nantinya akan diserahkan ke OIKN. Karena itu, anggaran pemeliharannya akan masuk ke pagu OIKN mulai tahun depan.

"OIKN sendiri yang tadinya Rp505 (miliar) kan, sekarang kami usulkan untuk bisa memelihara prasarana yang sudah dibangun oleh PU, kita serahkan ke OIKN, mereka memelihara. Itu butuh anggaran juga. Kami usulkan anggaran lainnya," kata Basuki.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #anggaran #pemeliharaan #gedung #tembus #rp26 #triliun

KOMENTAR