Jelajahi 7 Pulau di Kepulauan Seribu yang Tawarkan Pengalaman Liburan Tak Terlupakan, Wajib Dikunjungi!
Keindahan Pulau Pari di Kepulauan Seribu. (Instagram/ @nemojourney )
09:07
19 Maret 2024

Jelajahi 7 Pulau di Kepulauan Seribu yang Tawarkan Pengalaman Liburan Tak Terlupakan, Wajib Dikunjungi!

- Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau yang terletak di sebelah utara Kota Jakarta. Tempat ini merupakan destinasi wisata yang ideal untuk liburan bersama teman atau keluarga.

Meski bernama Kepulauan Seribu, jumlah pulau di wilayah ini sebenarnya tidak sampai seribu, melainkan hanya ada 110 pulau. Pulau-pulau tersebut memiliki keindahan dan daya tariknya masing-masing.

Namun, masih banyak yang belum mengetahui pulau apa saja yang ada di Kepulauan Seribu. Oleh karena itu, JawaPos.com merangkum 7 pulau di Kepulauan Seribu yang paling menarik untuk dikunjungi pada saat liburan.

1. Pulau Harapan

Pulau Harapan merupakan salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Seribu Utara dan dihuni oleh lebih dari 2.000 jiwa. Sebagai pulau berpenduduk, fasilitas yang disediakan beragam dan cukup lengkap.

Terlebih lagi, pulau ini dikelilingi oleh pulau-pulau kecil sehingga wisatawan dapat memiliki lebih banyak pilihan pulau yang dapat dikunjungi saat hopping island.

Di pulau ini wisatawan dapat melakukan banyak hal, mulai dari memancing, snorkeling, hingga berkeliling dengan kapal tradisional nelayan setempat. Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan fenomena matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset).

2. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, dan termasuk pulau yang terdekat dengan Kota Jakarta. Tidak seperti Pulau Harapan, pulau ini tidak berpenghuni, serta dikelola oleh swasta.

Untuk menjangkau Pulau Bidadari, wisatawan hanya membutuhkan waktu 20 menit perjalanan laut dari dermaga Marina Ancol.

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, mulai dari restoran, kamar mandi, cottage terapung, gazebo tepi pantai, dan masih banyak fasilitas lainnya.

3. Pulau H (Pulau Tengah)

Pulau H atau Pulau Tengah adalah pulau private yang ada di wilayah Kepulauan Seribu. Pulau ini dibeli oleh sang pemilik, yaitu Hengky Setiawan pada 2012, dan dikelola secara personal.

Di pulau ini berdiri 42 villa mewah yang dengan fasilitas kelas atas. Selain itu, terdapat juga penangkaran hiu dengan koleksi hingga 150 ekor yang dibuat oleh sang pemilik dengan tujuan menjaga biota laut.

Sayangnya, pulau ini masih belum dibuka secara umum untuk wisatawan. Akan tetapi, pulau ini masih bisa disewa untuk acara-acara eksklusif seperti pernikahan, dan tentu saja membutuhkan budget yang cukup besar.

4. Pulau Matahari

Pulau Matahari adalah pulau yang terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Di pulau ini, wisatawan dapat melakukan banyak kegiatan, seperti diving, snorkeling, jetski, hingga banana boat.

Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, di antaranya adalah fasilitas outbond, kolam renang anak, tenis meja, meja biliar, dan masih banyak lagi. Ada juga fasilitas umum berupa kamar mandi, tempat istirahat, tempat ibadah, parkir kendaraan, dan lainnya.

5. Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah pulau yang terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Pulau ini terdiri dari dua pulau yang saling terhubung, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Pulau Tidung Besar digunakan untuk pemukiman penduduk, sedangkan Pulau Tidung Kecil merupakan kawasan konservasi alam. Kedua pulau ini dihubungkan oleh jembatan yang disebut Jembatan Cinta. Jembatan ini juga menjadi icon wisata dari Pulau Tidung.

Di pulau ini, wisatawan dapat mencoba berburu bulu babi, bahkan mencicipi bulu babi mentah tersebut. Selain itu, pulau ini juga menyediakan banyak pilihan akomodasi, serta fasilitas-fasilitas lainnya seperti jogging track.

6. Pulau Dolphin

Pulau Dolphin terletak di kawasan Pulau Kelapa Kepulauan Seribu. Pulau ini dekat dengan Pulau Harapan.

Pulau Dolphin dapat menjadi destinasi wisata yang tepat bagi wisatawan yang hendak mencari suasana liburan yang tenang. Hal tersebut karena pulau ini memang jarang dikunjungi wisatawan.

Akan tetapi, pulau ini tidak menawarkan fasilitas seperti pulau-pulau lainnya. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin berlibur di sini harus menyiapkan alat-alat yang mereka butuhkan sendiri.

7. Pulau Pari

Pulau Pari merupakan pulau berpenghuni yang terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Sesuai dengan namanya, pulau ini memiliki bentuk seperti ikan pari.

Dua objek andalan Pulau Pari, yaitu Pantai LIPI dan Pantai Perawan yang memiliki hamparan pasir berwarna putih, disertai dengan air laut jernih dan terumbu karangnya yang sangat memesona.

Wisatawan juga dapat bersepeda mengelilingi pulau, menelusuri hutan bakau dengan perahu dayung, dan aneka olahraga air lainnya seperti snorkeling hingga sofa boat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #jelajahi #pulau #kepulauan #seribu #yang #tawarkan #pengalaman #liburan #terlupakan #wajib #dikunjungi

KOMENTAR