Berencana Melintasi Jalur Pantai Selatan? Ini 12 Destinasi Wisata Pansela Banten-Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
Pemandangan Pansela di sekitar Jalan Raya Ciwidey-Naringgul, Kabupaten Cianjur. (Sumber: ANTARA FOTO/ Raisan Al Farisi)
09:00
24 Januari 2024

Berencana Melintasi Jalur Pantai Selatan? Ini 12 Destinasi Wisata Pansela Banten-Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

 

Membentang dari Banten hingga Jawa Timur, jalur Pantai Selatan atau Pansela telah menjadi salah satu jalur favorit para pemudik.

Dilansir JawaPos.com dari Website resmi Diskominfo, jalur Pansela menjulur melewati lima provinsi, dari Banten, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah,

Pengendara akan melintasi 23 kabupaten yang tersebar di lima provinsi sekaligus saat mengawali perjalanan dari Pelabuhan Merak dengan tujuan akhir di Banyuwangi.

Panjang jalan jalur Pansela mencapai 1.405 kilometer, dengan lebar jalan yang dilewati rata-rata mencapai 5-7 meter.

Kemudian yang membuatnya menarik, jalur Pansela ini juga merupakan destinasi yang cocok untuk dilewati bagi pecinta wisata kuliner.

Jalur Pansela memiliki beragam kuliner khas yang nikmat, seperti misalnya es dawet, mie nyemek, tiwul, hingga sate ambal.

Secara keseluruhan, jalur ini sudah memiliki infrastruktur yang baik dan memadai meski pembangunannya dilakukan secara bertahap.

Selain kulinernya, pemandangan indah di sisi jalan dan destinasi wisata yang disuguhkan jalur Pansela tak perlu diragukan lagi keberadaannya.

Berikut sejumlah tempat wisata yang dapat Anda temui saat memutuskan untuk bepergian dengan melewati jalur mudik Pansela Banten-Jawa Barat yang dikutip JawaPos.com dari Website resmi Diskominfo.

Pantai Anyer, Banten

Titik awal jalur Pantai Selatan di Pulau Jawa yang berlokasi di Kecamatan Anyer, Banten ini dikenal karena hamparan pasir putihnya yang cocok untuk tempat wisata.

Selain itu, pantai Anyer juga menawarkan beragam aktivitas yang bisa dilakukan seperti berenang, divingsnorkeling, atau speedboat.

Taman Bunga Nusantara, Bogor

Bagi yang menyukai fotografi, wisata ini cocok untuk dikunjungi. Selain ber-swa foto, Taman Bunga Nusantara juga menawarkan beberapa hal yang cukup menarik, di antaranya taman labirin, go kart, ATV race, air mancur musikal dan bunga-bunga cantik yang ditata rapi.

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Bogor

Pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng cocok dijadikan untuk tempat persinggahan setelah lelahnya perjalanan.

Tempat wisata Bogor ini menawarkan rekreasi berendam air panas di infinity pool alami. Ada juga ada kolam rendam pribadi serta berbagai jenis terapi dan juga ramah anak.

Sebab, di sini juga disediakan wahana outbond, permainan becak mini, dan perahu.

Curug Sawer, Sukabumi

Tempat wisata di Jawa Barat tepatnya di Sukabumi, Curug Sawer menawarkan panorama air terjun yang khas disertai bunyi gemericik air, yang akan mampu menghilangkan lelah saat mudik.

Di lokasi ini juga ada jembatan gantung Situ Gunung dengan panjang 240 meter yang cukup fenomenal di Jawa Barat, dan merupakan yang terpanjang di Asia.

Pantai Amada Ratu, Sukabumi

Satu lagi destinasi wisata jalur Pansela yang ditawarkan Sukabumi, yakni pantai Amada Ratu. Yang eksotis di pantai ini adalah pemandangannya yang disebut-sebut sangat mirip dengan Tanah Lot di Bali.

Pantai Jayanti, Cianjur

Menyuguhkan pemandangan pantai yang eksotis, pantai Jayanti terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat wisata ini diketahui memiliki ombak yang cukup besar.

Little Venice Kota Bunga, Cianjur

Tempat wisata yang mengusung tema bernuansa Eropa dan dijuluki sebagai Venesia KW ini menyuguhkan pemandangan bangunan dengan arsitektur Eropa, yang dapat dinikmati pengunjung dengan  berkeliling menaiki gondola. 

Kawah Putih, Bandung

Hamparan kawah putih kehijauan menjadi panorama utama yang disuguhkan di tempat wisata Bandung satu ini. Tempatnya memiliki banyak spot foto yang bagus. Dan yang utama, pemandangan alam yang disuguhkan sangat memanjakan mata para pemudik.

Farm House, Lembang

Wisata ini terletak di Jl Raya Lembang nomor 108, Desa Gudangkahuripan, Sub-Distrik Lembang, Distrik Bandung Barat, Jawa Barat.

Dengan nuansa peternakan Eropa, dan bahkan pengunjung bisa menyewa kostum, menjadikan tempat satu ini jadi salah satu yang ramai dikunjungi dan yang paling terkenal dari Wisata Lembang Farm House adalah rumah Hobbit.

Gedung Sate, Bandung

Gedung Sate yang dibangun pada 1924 ini, dijadikan sebagai kantor Gubernur Jawa Barat dan juga menyediakan ruangan museum di lantai dasar.   

Berbagai macam koleksi seni dipamerkan disana, mulai dari batu kali, batu gelas, dan baja Swedia.

Ada juga permainan Augmented Reality (AR) bersama animasi orang Belanda dan para pekerja pembangun Gedung Sate.

Taman Wisata Karangresik, Tasikmalaya

Destinasi wisata edukasi, sejarah, dan taman hiburan ini lokasinya berada di Jl Mohamad Hatta, Desa Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. 

Beberapa fasilitas yang disuguhkan diantaranya, taman bunga, farm house, wahana air, flying fox, istana tanaman hias, spot foto Instagramable, dan lainnya.

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran terkenal dengan keindahan pasir putih serta lingkungan yang masih asri. 

Selain itu, pilihan pantai di Pangandaran ini cukup banyak. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Pangandaran antara lain, olahraga air, banana boat, jet ski, dan lainnya.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #berencana #melintasi #jalur #pantai #selatanini #destinasi #wisata #pansela #banten #jawa #barat #yang #wajib #dikunjungi

KOMENTAR