Kamera Xiaomi Overexposure? Begini Cara Memperbaikinya
Ilustrasi HP Xiaomi. [Unsplash/Amanz]
16:32
15 Agustus 2024

Kamera Xiaomi Overexposure? Begini Cara Memperbaikinya

Pengguna HP Xiaomi mungkin sering mengalami masalah overexposure ketika menggunakan kamera ponsel. Foto yang terlalu terang tidak akan menunjukkan detail yang jelas, sehingga memberikan gambar yang pudar.

Jika pengguna Xiaomi mengalami masalah tersebut, untungnya ada beberapa cara untuk memperbaiki eksposur berlebih.

Overexposure atau eksposur berlebih adalah situasi di mana sensor kamera menangkap terlalu banyak cahaya untuk suatu pemandangan tertentu. Akibatnya, itu menyebabkan hilangnya detail pada bagian paling terang dari sebuah foto.

Hal ini mungkin disebabkan oleh perbedaan dimensi antara pencahayaan eksternal yang kuat, pengaturan kamera yang salah, atau keterbatasan pada sensor kamera.

Baca Juga: Dirilis 4 Tahun Lalu, Haruskah Ganti Xiaomi Mi 10T Pro?

Berikut langkah-langkah untuk memperbaiki overexposure di kamera Xiaomi:

1. Mengatur manual nilai eksposur

Setelah membuka kamera di HP Xiaomi, pilih Pro dari opsi tersebut. Setelah itu ubah Exposure Value (EV). EV adalah pengaturan yang mengontrol kompensasi eksposur.

Jika gambar terlalu terekspos, pengguna dapat menurunkan EV dengan menggerakkan penggeser ke angka negatif.

2. Ubah Metering Mode

Baca Juga: HyperOS 2.0 Tawarkan Fitur Canggih, Sayangnya 42 HP Xiaomi Ini Tak Kebagian

Metering Mode berfungsi untuk mengukur kecerahan subjek. Untuk mengubahnya, buka pengaturan kamera dan pilih Metering mode.

Ubah ke Spot atau Center-weighted untuk mengukur berdasarkan area kecil pada frame, bukan rata-rata keseluruhan pemandangan.

ilustrasi memotret dengan ponsel (pexels.com/@SHVETS production)ilustrasi memotret dengan ponsel (pexels.com/@SHVETS production)

3. Gunakan HDR

Mode HDR membantu menyeimbangkan perbedaan eksposur dengan memotret beberapa gambar pada tingkat eksposur berbeda dan menggabungkannya.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup mengaktifkan mode HDR di pengaturan kamera. Secara khusus, mode ini membantu ketika ada area terang dan gelap dalam pemandangan.

4. Turunkan ISO

Pengaturan ISO digunakan untuk menetapkan dan mengatur sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin terang gambarnya, tergantung pada angkanya, semakin tinggi kecerahan atau ISO, sehingga mencegah pencahayaan dan noise berlebihan.

5. Gunakan Exposure Lock

Kunci AE memungkinkan pengguna mengunci pengaturan eksposur setelah membidik bagian pemandangan yang kurang terang.

Untuk melakukannya, cukup tekan dan tahan titik mana pun dalam pemandangan yang diinginkan sebagai dasar eksposur hingga pengguna mendapatkan indikator Kunci AE.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna diharapkan dapat mengatasi masalah overexposure di kamera Xiaomi.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #kamera #xiaomi #overexposure #begini #cara #memperbaikinya

KOMENTAR