Menkominfo Budi Arie Pastikan Jaringan Telekomunikasi di IKN Siap Menjelang Upacara Hari Kemerdekaan
Persiapan 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. 
13:30
14 Agustus 2024

Menkominfo Budi Arie Pastikan Jaringan Telekomunikasi di IKN Siap Menjelang Upacara Hari Kemerdekaan

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan jaringan telekomunikasi siap jelang upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami pastikan jaringan telekomunikasi di IKN siap jelang upacara Hari Kemerdekaan RI. Masyarakat di Kalimantan Timur maupun daerah-daerah lainnya dapat mengikuti upacara di IKN melalui siaran langsung,” kata Menkominfo Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024).

Pemerintah dalam penyediaan jaringan telekomunikasi didukung Telkom.

Dalam hal ini, Telkom sebagai pemegang hak perlintasan dan anak usahanya, Telkomsel, telah melakukan inagurasi (rehearsal) infrastruktur telekomunikasi di IKN.

Penyedia layanan jaringan telekomunikasi telah melakukan pengujian aspek konektivitas dengan fiber optik dan seluler maupun aspek catuan listrik.

“Ketersediaan jaringan telekomunikasi memadai ini sejalan dengan konsep smart city IKN menuju Smart, Green dan Sustainable City yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo,” kata Menkominfo.

Selama ini, operator seluler lainnya juga telah menyediakan layanan telekomunikasi dengan infrastruktur sementara.

"Layanan komunikasi dari operator seluler lainnya bersifat darurat dan sementara, baik dengan mobile BTS maupun fiber optik aerial untuk melayani beberapa lokasi proyek pada masa konstruksi maupun acara tertentu, misalnya upacara HUT RI 17 Agustus," ucapnya.

Kementerian Kominfo berharap layanan telekomunikasi dengan infrastruktur sementara nantinya dapat bermigrasi secara bertahap.

Hal itu dapat terealisasi dengan kerjasama sharing infrastruktur yang disediakan Telkom Group dalam menyediakan layanan telekomunikasi yang berkualitas di IKN.

“Kami berharap ke depannya seluruh operator seluler dapat memberikan layanan telekomunikasi dengan kualitas yang baik di IKN,” ujar Menkominfo.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #menkominfo #budi #arie #pastikan #jaringan #telekomunikasi #siap #menjelang #upacara #hari #kemerdekaan

KOMENTAR