Cara Memulai Video Live di Facebook
Ilustrasi Facebook. [Kirill Kurdavtsev/AFP]
14:08
18 Mei 2024

Cara Memulai Video Live di Facebook

Pengguna dapat memulai video live atau siaran langsung di Facebook. Facebook Live adalah cara interaktif untuk berbagi apa yang pengguna lakukan kepada orang lain.

Jika pengguna ingin menggunakan video langsung di Facebook, berikut ini cara memulainya:

  • Di aplikasi Facebook, mulailah membuat status seperti biasa.
  • Di iOS, daftar opsi akan muncul di bawah bidang teks, ketuk Live Video > Continue.
  • Di Android, ketuk Live > Continue.
  • Kemudian beri judul pada video langsung dan atur tingkat privasi.

Setelah pengguna mulai streaming, peringatan akan dikirimkan ke teman-teman Facebook pengguna, memberi tahu mereka bahwa pengguna sedang melakukan siaran langsung saat ini.

Setengah bagian atas layar pengguna akan menampilkan apa yang dilihat pemirsa, dengan kontrol untuk beralih antara kamera depan dan belakang di sudut kanan atas.

Bagian bawah layar adalah tempat munculnya notifikasi komentar dan penonton baru. Selama streaming, pengguna dapat menambahkan efek filter ke video, beralih antara kamera depan dan belakang, atau memasukkan komentar di kolom teks di bagian bawah.

Ilustrasi Facebook (Pexels.com/Tobias Dziuba)Ilustrasi Facebook (Pexels.com/Tobias Dziuba)

Di perangkat iOS, pengguna juga dapat menggambar di layar untuk mengilustrasikan atau menyorot suatu objek kepada pemirsa. Tak hanya itu, pengguna Android pun bisa mengirim undangan ke teman Facebook tertentu selama siaran langsung.

Pengguna dapat melakukan video live hingga 90 menit sebelum Facebook menghentikan feed. Setelah selesai streaming, ketuk Finish.

Pada layar terakhir, pengguna akan melihat beberapa statistik tentang streaming yang dilakukan, kemudian menanyakan apakah pengguna ingin menyimpan salinan video ke galeri perangkat atau mengunggah versi video resolusi tinggi ke akun Facebook pengguna.

Facebook akan mengunggah salinan streaming tersebut ke akun pengguna, sehingga siapa pun yang tidak dapat menontonnya secara langsung dapat melihatnya an mengomentari video tersebut. Setiap komentar yang ditinggalkan oleh pemirsa langsung juga akan ditampilkan ke feed Facebook setelah streaming selesai.

Itulah cara untuk melakukan video live di Facebook dengan mudah.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #memulai #video #live #facebook

KOMENTAR