5 Cara Mudah Mengakses Control Panel di Windows
Ilustrasi Windows. (unsplash.com/@windows)
11:32
6 April 2024

5 Cara Mudah Mengakses Control Panel di Windows

Microsoft mulai mengganti Control Panel dengan aplikasi Settings di Windows, namun pengguna masih tetap bisa mengaksesnya dengan mudah. Berkat berbagai cara untuk membukanya, pengguna tidak terpaku hanya menggunakan Settings.

Jika mengalami masalah dan membutuhkan Control Panel, berikut ini lima cara berbeda untuk mengakses Control Panel di Windows:

1. Cari di menu Start

Metode termudah adalah menggunakan menu Start karena pengguna dapat mencari file dan aplikasi di sistem.

Buka Start dan ketik Control Panel, lalu pilih.

2. Sematkan ke Taskbar

Untuk memudahkan pencarian, pengguna juga dapat menyematkan pintasan Control Panel ke menu Start atau Taskbar. Alternatifnya, tambahkan ke keduanya jika pengguna ingin lebih mudah diakses.

Saat pengguna menggunakan menu Start untuk mencari Control Panel, pilih Pin to Start atau Pin to taskbar di bawah hasil.

3. Gunakan fungsi Run

Fungsi Run memberi pengguna akses ke berbagai aplikasi dan pengaturan di Windows, termasuk Control Panel. Tekan Win + R untuk membuka kotak dialog Run. Ketik control panel dan klik OK. Pengguna juga dapat membuka kotak dialog dengan mengklik kanan Start dan memilih Run.

Ilustrasi laptop Windows. [Unsplash/Windows]Ilustrasi laptop Windows. [Unsplash/Windows]

4. Buka melalui Command Prompt

Metode ini memerlukan langkah ekstra, yang tidak membuatnya seefisien cara sebelumnya. Namun, ini masih merupakan cara yang layak untuk membuka Control Panel.

Tekan Win + R (atau buka Start), dan ketik cmd. Saat diminta, ketik control panel, kemudian tekan Enter.

Sebagai alternatif, gunakan PowerShell, karena cara kerjanya sama. Klik kanan Start atau tekan Win + X dan pilih Terminal. Setelah itu, ketik control panel saat diminta.

5. Tambahkan ke Menu Win+X

Awalnya, pengguna dapat membuka Control Panel dengan mengklik kanan menu Start atau menekan Win + X untuk mengakses menu Power User, tetapi Microsoft menghapus opsi tersebut. Namun seperti yang diketahui, Control Panel tidak sepenuhnya hilang.

Pengguna dapat menambahkan opsi kembali ke menu ini. Cara termudah adalah dengan Editor Menu Win+X gratis. Namun, ini hanya berfungsi di Windows 10.

  • Di Windows 10, unduh WinX Menu Editor, ekstrak file, dan buka folder baru.
  • Buka WinXEditor.
  • Klik Add a program > Add a Control Panel item.
  • Pilih All Control Panel items dan tekan Select.
  • Pilih Restart Explorer agar perubahan diterapkan. Periksa kembali menu Power User dan Control Panel seharusnya sudah terdaftar.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan pengguna untuk mengakses Control Panel di Windows.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mudah #mengakses #control #panel #windows

KOMENTAR