Sedikit Lagi, Kominfo Pastikan Internet 5G Makin Luas di Indonesia
Ilustrasi koneksi internet 5G (Shutterstock).
07:40
4 April 2024

Sedikit Lagi, Kominfo Pastikan Internet 5G Makin Luas di Indonesia

Jaringan 5G yang saat ini masih terbatas dipastikan bakal segera meluas. Hal ini dikarenakan Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah menyiapkan insentif 5G demi memperbanyak internet generasi kelima tersebut.

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menyebut kalau pihaknya segera merumuskan insentif 5G untuk para operator seluler di Indonesia. Rencananya, kebijakan ini akan segera dirumuskan dalam waktu dekat.

"Sudah akan dirumuskan, sebentar lagi kami rumuskan. Nanti Mei," katanya dalam acara Buka Puasa Bersama Kemenkominfo dan Media di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Insentif 5G nantinya akan diberikan kepada para operator seluler untuk lelang frekuensi 700 MHz dan 26 GHz. Frekuensi ini sebelumnya dipakai oleh untuk siaran TV Analog, yang kini sudah dimatikan dan beralih ke siaran TV Digital atau Analog Switch Off (ASO).

Budi Arie memastikan kalau insentif 5G ini akan menguntungkan semua pihak, baik itu negara, operator, maupun masyarakat selaku konsumen.

Meski demikian Budi Arie juga menginginkan kualitas internet Indonesia bisa lebih baik. Ia mau agar kecepatan internet Indonesia meningkat, tidak sekadar murah.

Menkominfo Budi Arie Setiadi saat ditemui di acara Bukber Kominfo di Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]Menkominfo Budi Arie Setiadi saat ditemui di acara Bukber Kominfo di Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]

"Jangan mau yang murah-murah saja. Murah begini-begini ya sama saja, yang penting kan berkualitas, pelayanan meningkat, dengan biaya yang kompetitif," beber dia.

Insentif 5G ini juga diharapkan mempercepat konektivitas internet di Indonesia. Budi Arie menilai kalau kecepatan internet yang meningkat bisa mendorong pendapatan ekonomi rakyat.

"Kalau kecepatan internet meningkat itu multiplier efeknya juga ke ekonomi kan. Kita kan berharap masyarakat meningkat pendapatannya," jelas Budi.

Sekadar informasi, tahun lalu Budi Arie menyebutkan kalau spektrum frekuensi 700 Mhz dan 26 GHz sudah bisa dilelang ke operator seluler demi menyediakan lebih banyak internet 5G.

"Saat ini, kita sudah menyelesaikan program Analog Switch Off (ASO) sehingga spektrum frekuensi 700 Mhz (low band) untuk 5G sudah bersih dan dapat dilelang.  Demikian juga dengan spektrum 26 GHz (mid band) atau millimeter wave spectrum," ungkapnya, dikutip dari siaran pers Kominfo pada 21 September 2023 lalu.

Menurutnya, Pemerintah akan terus mempercepat implementasi 5G, melalui penyediaan dan pemerataan infrastruktur digital dari hulu hingga hilir.

"Kominfo berupaya agar spektrum frekuensi ini dapat dilelang atau dialokasikan kepada para operator seluler dalam waktu yang tidak terlalu lama, dengan mempertimbangkan kelayakan bisnis," pungkasnya.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #sedikit #lagi #kominfo #pastikan #internet #makin #luas #indonesia

KOMENTAR