Viral Video Bengkel Pedagang Mobil Bekas Taksi Lakukan Penipuan, Sudah Makan Ratusan Korban
Ilustrasi: Unit eks taksi banyak dicari karena harganya yang murah.(TikTok/@spesialismobilbekastaxi).
09:52
25 Maret 2024

Viral Video Bengkel Pedagang Mobil Bekas Taksi Lakukan Penipuan, Sudah Makan Ratusan Korban

Makin dekat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, permintaan akan kendaraan seken terutama mobil meningkat. Sebabnya tak lain adalah mobil akan digunakan untuk keperluan mudik Lebaran dan praktis digunakan di kampung halaman.

Untuk yang sudah punya, lanjutkan perawatannya sampai siap dan laik jalan, pastikan mobil dalam keadaan prima. Sementara untuk yang masih cari-cari unit mobil seken, baiknya Anda bijak dan teliti sebelum membeli.   Pasalnya, baru-baru ini beredar video bengkel modifikasi dan jual-beli unit bekas taksi diduga melakukan penipuan. Bengkel tersebut bernama 'Deka Reset Auto Workshop Spesialis Ex Taxi' dan sudah terkenal di media sosial.  

  Di TikTok nama akun tersebut yang sudah dikenal adalah @spesialismobilbekastaxi sementara di Instagram nama akunnya adalah @dekareset888 dan sudah terkenal lebih dulu.    Ditilik dari Instagram-nya, akun tersebut memang menawarkan unit-unit eks taksi dengan harga miring. Bengkel tersebut juga menawarkan paket modifikasi dalam penjualannya sehingga mobil bekas taksi yang dibeli tidak dalam keadaan kosongan atau standar lagi.    Harganya juga sama, miring. Hal ini kemudian membuat banyak masyarakat tergoda dan melakukan pemesanan unit mobil bekas taksi di akun tersebut. Kini, bengkel jual-beli mobil bekas taksi yang terletak di Jati Kramat, Bekasi, Jawa Barat itu dikabarkan telah melakukan penipuan dan memakan ratusan korban.  

  Salah satu yang menyuarakan penipuan tersebut adalah selebritis dan YouTuber, Marcel Radhival atau lebih dikenal dengan Pesulap Merah. Di Instagram pribadinya, Pesulap Merah menyebut bahwa saat ini bengkel Deka Reset sudah disegel polisi.   "DEKA RESET @dekareset888 FIX PENIPU, OWNERNYA KABUR DAN SEKARANG SEDANG DICARI POLISI. *Diduga korban mencapai 104 orang dengan nominal mencapai Miliaran Rupiah," demikian unggahan foto di Instagram Pesulap Merah disertai dengan beberapa bukti lainnya termasuk laporan kepolisian dan kondisi bengkel   Posting-an Pesulap Merah kemudian juga diramaikan dengan komentar netizen termasuk beberapa yang mengaku pernah memiliki pengalaman buruk saat membeli mobil bekas taksi di bengkel tersebut. Ada juga yang sampai hari ini, pesanan mobil bekas taksinya tak kunjung dikirim.  

  "Saya juga korban bang sudah 4 tahun menunggu yg ada cuman dijanjiin trus, kalau masalah saya ada di surat2 bang," komentar akun @ryanibnu.   "Saya korban bang sampe sekarang uang belum kembali. Baru kemaren janji refun 2 termin pembayaran tapi baru tahu Deka Reset bermasalah," kata netizen lainnya menyukai yang mengaku sebagai korban dengan akun @dickyzulfaizal.  

  Hingga berita ini ditulis, JawaPos.com sudah coba menelepon kontak yang ada di bio Instagram @dekareset888. Sayang nomor yang diyakini milik owner tersebut sudah tidak aktif.   Sebagai informasi, unit bekas taksi yang dijual di bengkel tersebut berada di angka Rp 60 jutaan untuk mobil populer seperti Vios Limo generasi tiga atau Toyota Etios Valco. Harga tersebut dikatakan lebih murah sampai Rp 10 juta bahkan dari tempat pembelian resmi dari perusahaan taksi.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #viral #video #bengkel #pedagang #mobil #bekas #taksi #lakukan #penipuan #sudah #makan #ratusan #korban

KOMENTAR