Kuasai Multitasking dengan Split Screen di Windows 11, Begini Caranya!
Tampilan Windows 11. (Microsoft)
07:48
14 Maret 2024

Kuasai Multitasking dengan Split Screen di Windows 11, Begini Caranya!

Windows 11 adalah sistem operasi yang cukup menunjang untuk produktivitas. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk melakukan layar terpisah atau split screen sehingga pengguna dapat membuat multitasking menjadi lebih mudah.

Jika pengguna belum mengetahui cara menggunakannya, berikut ini cara split screen di Windows 11:

1. Gunakan Snap Layouts

Snap Layouts adalah cara baru untuk memulai Snap Assist. Ini memungkinkan pengguna dengan mudah memunculkan jendela ke dalam berbagai tata letak yang menampilkan jendela Windows lebih mudah dari sebelumnya.

  • Arahkan mouse ke tombol maksimalkan jendela. Sebuah kisi akan muncul, memberi pengguna beragam pilihan untuk mengatur hingga empat jendela.
  • Pilih salah satu opsi dan tampilan akan terbagi dengan menampilkan jendela lain yang tersedia.
  • Setelah memilih jendela lain yang ingin  dipisahkan, layar akan menampilkan jendela dalam konfigurasi pilihan pengguna.
Ilustrasi Windows 11. [Unsplash/Windows]Ilustrasi Windows 11. [Unsplash/Windows]

2. Gunakan Snap Assist secara manual

Metode Windows 10 untuk mengakses Snap Assist telah diterapkan ke Windows 11. Ada dua cara untuk memulai Snap Assist secara manual.

  • Pertama, pengguna cukup menyeret jendela ke salah satu sisi atau menggunakan tombol Windows bersama dengan tombol panah kanan atau panah kiri dan pengguna akan mendapatkan opsi untuk memilih jendela lain.
  • Pilih jendela yang ingin ditampilkan dan layar akan menyesuaikan diri.
  • Pengguna dapat mengubah ukuran jendela hanya dengan memilih bilah tengah dan menyeretnya.
  • Perhatikan bahwa jika pengguna menyeret jendela ke salah satu sudut, pengguna akan mendapatkan opsi untuk menempatkan hingga empat jendela.
  • Setelah memilih jendela kedua, pengguna akan diberikan opsi untuk memilih jendela ketiga. Hal yang sama berlaku untuk memilih jendela keempat jika pengguna memiliki banyak jendela untuk ditempatkan.

Jika Snap Assist menyebabkan masalah, pengguna dapat mematikannya.

Buka aplikasi Settings dan pilih System > Multitasking.  Buka opsi Snap windows dan pengguna akan melihat tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Tak hanya itu, pengguna juga dapat memilih berbagai opsi untuk menyesuaikan Snap Assist sesuai kebutuhan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna kini dapat melakukan multitasking dengan mudah lewat split screen.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #kuasai #multitasking #dengan #split #screen #windows #begini #caranya

KOMENTAR