YouTube Error Hanya Tampilkan Layar Hitam? Begini Cara Memperbaikinya
Ilustrasi YouTube. [Shutterstock]
10:16
12 Maret 2024

YouTube Error Hanya Tampilkan Layar Hitam? Begini Cara Memperbaikinya

Pengguna dapat memperbaiki berbagai masalah pemutaran YouTube, salah satunya ketika layanan tersebut error dan hanya menampilkan layar hitam.

Saat pengguna melihat layar hitam di YouTube, itu karena video gagal dimuat karena alasan tertentu. Penyebabnya mungkin berasal dari pihak pengguna atau bisa juga disebabkan oleh masalah dengan YouTube atau penyedia layanan internet (ISP).

Apa pun masalahnya, berikut ini cara memperbaiki YouTube error yang hanya menampilkan layar hitam:

1. Periksa pemblokir iklan

Pemblokir iklan adalah plugin browser yang secara selektif mencegah pemuatan elemen halaman web tertentu. Sebagian besar mampu memblokir iklan mandiri yang muncul di halaman web dan iklan yang diputar selama video di situs seperti YouTube.

Jika pemblokir iklan berfungsi dengan baik, pemblokir iklan akan mencegah pemuatan iklan, dan halaman lainnya akan dimuat secara normal. Namun jika pemblokir iklan tidak berfungsi, iklan mungkin dapat memuat atau memblokir elemen laman, seperti teks dan video, yang ingin pengguna lihat.

2. Cek browser

Ada beberapa masalah browser yang dapat menyebabkan kegagalan pada situs web seperti YouTube. Kendala seperti data cache atau cookie yang rusak dapat menghentikan pemuatan video.

Untuk mengatasinya, pengguna dapat mencoba untuk memuat ulang halaman, membersihkan cache, atau beralih ke browser lain. Upaya terakhir yang dapat dilakukan adalah memulai ulang perangkat.

3. Cek jaringan atau ISP

Jika koneksi internet benar-benar terputus, YouTube tidak dapat memuat sama sekali. Banyak masalah jaringan dan internet yang memungkinkan situs seperti YouTube memuat sebagian dan membiarkan elemen seperti video sebagai layar hitam.

Untuk memperbaiki masalah jaringan yang menyebabkan layar hitam di YouTube, perputaran daya modem dan router biasanya dapat membantu.

Namun, masalah internet yang menghalangi pemuatan video YouTube lebih sulit diatasi karena ini harus diperbaiki oleh ISP pengguna. Jika pengguna menduga koneksi internet bermasalah, segera hubungi ISP untuk mendapatkan bantuan.

Berikut beberapa hal yang dapat pengguna lakukan untuk memperbaiki layar hitam YouTube jika masalahnya terletak pada jaringan atau koneksi internet:

  • Siklus daya router dan modem.
  • Jika pengguna terhubung ke internet menggunakan WiFi, beralihlah ke koneksi kabel atau dekatkan komputer ke router.
  • Ubah pengaturan Dynamic Name Server (DNS) untuk menggunakan DNS gratis.
  • Hapus cache DNS.
  • Gunakan layanan pengujian kecepatan untuk memeriksa status koneksi internet.
Ilustrasi YouTube (Shutterstock).Ilustrasi YouTube (Shutterstock).

4. Cara mengatasi masalah layar hitam YouTube di HP

Saat aplikasi YouTube di ponsel menampilkan layar hitam alih-alih memutar video, mungkin ada masalah dengan aplikasi tersebut.

Pengguna dapat memperbaiki masalah jenis ini dengan menghapus data atau cache aplikasi. Berikut ini beberapa hal yang dapat pengguna lakukan saat melihat layar hitam di YouTube pada HP:

  • Hapus cache aplikasi.
  • Mulai ulang perangkat.
  • Hapus aplikasi, lalu instal ulang dari Google Play Store untuk Android atau dari Apple App Store untuk iOS.
  • Lihat video menggunakan pemutar web seluler dengan membuka youtube.com di browser ponsel.

Itulah beberapa solusi yang dapat dilakukan pengguna ketika layar YouTube berubah menjadi hitam.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #youtube #error #hanya #tampilkan #layar #hitam #begini #cara #memperbaikinya

KOMENTAR