10 Cara Terbaik Memperbaiki Speaker HP Android
Ilustrasi speaker HP. [Unsplash/Martin Sanchez]
09:16
7 Maret 2024

10 Cara Terbaik Memperbaiki Speaker HP Android

Speaker merupakan salah satu komponen penting di HP Android. Namun terkadang, speaker menjadi sensitif dan bermasalah, seperti tiba-tiba menjadi senyap dan tidak mengeluarkan bunyi.

Berikut ini beberapa cara terbaik untuk memperbaiki speaker di HP Android:

1. Nyalakan speaker

Jika pengguna meletakkan ponsel di atas meja untuk digunakan dalam mode speaker, pastikan speaker telah dihidupkan.

Jika tidak, suara hanya akan keluar dari lubang suara, sehingga tidak mudah didengar.  Biasanya, ada ikon yang dapat diketuk untuk menyalakan speaker.

2. Naikkan volume panggilan masuk

Jika speaker sudah diaktifkan, volumenya mungkin terlalu rendah. Tekan tombol volume atas di ponsel untuk memperbesar volume.

3. Sesuaikan pengaturan suara aplikasi

Beberapa aplikasi memungkinkan pengguna mematikan suara secara terpisah dari kontrol volume utama. Periksa pengaturan suara aplikasi jika tidak mendengar suara di satu aplikasi tertentu.

4. Pastikan volume media tidak diperkecil atau dimatikan

Opsi ini dapat diakses di aplikasi Pengaturan, di mana pengguna dapat menggerakkan penggeser volume media ke kanan untuk memperbesar volumenya.

Cara untuk mengaksesnya bergantung pada ponsel yang digunakan, namun secara umum pengguna dapat membuka Settings > Sound & vibration atau Settings > Sounds and vibration > Volume.

5. Matikan Jangan Ganggu

Fitur praktis ini, yang memblokir semua peringatan, bisa menjadi penyebab tidak adanya suara keluar dari speaker.

Cara tercepat untuk mematikannya adalah dengan menggesek layar dari atas ke bawah dan mengetuk tombol Do Not Disturb dari menu pengaturan cepat.

Ilustrasi lock screen HP Android. [Unsplash/Daniel Romero]Ilustrasi HP Android. [Unsplash/Daniel Romero]

6. Minta penelepon untuk membunyikan suara

Terkadang, penelepon tidak sengaja mengetuk tombol mute dan membuat pengguna tidak mendengar suara apa pun dari speaker HP Android. Oleh karena itu, periksa dan minta penelepon untuk mengaktifkan suaranya. 

7. Pastikan headphone tidak dicolokkan

Sebagian besar ponsel Android secara otomatis menonaktifkan speaker eksternal saat headphone dicolokkan. Hal ini juga dapat terjadi jika headphone tidak terpasang sepenuhnya pada jack audio.

8. Keluarkan ponsel dari casing

Beberapa cover phone atau casing ponsel mungkin meredam suara. Uji kualitas suara tanpa casing. Jika ini masalahnya, pengguna akan segera melihat perbaikannya dan pertimbangkan untuk membeli casing ponsel baru yang didesain berbeda.

9. Nyalakan ulang perangkat

Reboot sering kali menghilangkan gangguan perangkat lunak apa pun yang dapat menonaktifkan suara. Cukup tekan dan tahan tombol Power atau Power+Volume Up, hingga menu muncul,  ketuk Restart.

10. Matikan perangkat dan hidupkan kembali

Jika reboot tidak berhasil, ponsel mungkin mengalami masalah teknis yang mengharuskan pengguna mematikannya sepenuhnya. Kemudian ulangi langkah 8 tetapi ketuk Power off.

Itulah beberapa cara yang dapat pengguna lakukan untuk memperbaiki speaker di HP Android.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #terbaik #memperbaiki #speaker #android

KOMENTAR