Cara Merekam Panggilan WhatsApp di Android
Ilustrasi WhatsApp (Pexels/Anton)
11:16
12 Januari 2024

Cara Merekam Panggilan WhatsApp di Android

WhatsApp adalah alternatif SMS yang digunakan secara gratis dan membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa membuat panggilan video maupun suara.

Berbeda dengan Zoom, merekam panggilan WhatsApp tidak ada di dalam perangkat lunak ini. Untuk merekam panggilan WhatsApp, pengguna harus menggunakan aplikasi lain di ponsel. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk merekam panggilan WhatsApp di Android:

1. Aplikasi perekam suara

Jika pengguna memiliki ponsel Android, kemungkinan besar perangkat dilengkapi dengan aplikasi rekaman suara standar. Untuk metode ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Mulai panggilan WhatsApp.
  • Selama pengguna menggunakan ponsel Android yang mendukung multitasking, pengguna dapat menutup panggilan WhatsApp tanpa mengakhirinya.
  • Buka aplikasi rekaman suara.
  • Klik Record.

Panggilan pengguna harus menggunakan speaker ponsel untuk memastikan perekam menangkap kedua sisi panggilan, namun audionya kemungkinan besar akan terdengar terlalu keras dan berdengung.

Cara ini berfungsi paling baik untuk panggilan suara, namun setidaknya dapat menangkap audio panggilan video juga. Jika ponsel pengguna tidak dilengkapi dengan perekam, pengguna bisa memakai aplikasi Recorder milik Google.

Ilustrasi WhatsApp - Perubahan Baru WhatsApp (Shutterstock)Ilustrasi WhatsApp. (Shutterstock)

2. Cube Call Recorder

Cube Call Recorder adalah aplikasi pihak ketiga di Android yang menawarkan fitur perekaman panggilan secara gratis.

Aplikasi ini memiliki fitur perekaman otomatis panggilan masuk, serta perekaman panggilan di berbagai aplikasi termasuk WhatsApp.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur keren seperti "shake-to-mark" yang memungkinkan pengguna menggoyangkan ponsel untuk menandai momen penting dalam percakapan sehingga pengguna dapat merujuknya kembali nanti.

Cube Call Recorder juga dilengkapi dukungan untuk cadangan cloud dari rekaman serta Silent Mode yang memungkinkan pengguna menyembunyikan widget rekaman dan aplikasi itu sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk merekam panggilan WhatsApp di Android.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #merekam #panggilan #whatsapp #android

KOMENTAR