Untuk Calon Developer Game di Indonesia, Google Buka Pelatihan dan Sertifikasi Gratis
Ilustrasi: Google buka pelatihan dan sertifikasi untuk calon developer game di Indonesia. (Istimewa)
17:56
27 Februari 2024

Untuk Calon Developer Game di Indonesia, Google Buka Pelatihan dan Sertifikasi Gratis

- Selama beberapa tahun terakhir, diketahui banyak terbuka peluang, munculnya tren hiburan baru, dan marak kembalinya beragam hobi yang menarik dari sisi bisnis. Pertumbuhan yang luar biasa ini salah satunya didorong oleh sektor game.    Berdasarkan data penelusuran Goole, pada tahun 2023 saja di Indonesia, mesin pencari tersebut mencatat peningkatan terkait penelusuran untuk topik “Game” naik hingga 150 %. Selain itu, industri game berpotensi menyumbangkan USD 2 miliar untuk perekonomian Indonesia, menurut Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Kemaritiman dan Investasi Indonesia, pada tahun 2021 lalu.   Dalam rangka membantu mengembangkan talenta teknis yang dibutuhkan demi mewujudkan potensi industri game, Google Play bermitra dengan Unity dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk meluncurkan Google Play x Unity Game Developer Training.   

  Inisiatif ini merupakan program pelatihan dan sertifikasi Unity bervisi global dan tanpa biaya bagi developer di Indonesia. Sebagai bagian dari pelatihan ini, peserta dapat memilih salah satu dari tiga jalur pembelajaran: Game Developer, Artist, atau Programmer. Kemudian, mereka dapat mengikuti program pelatihan online imersif selama total lebih dari 30 jam untuk menerima sertifikasi resmi Unity.   Kunal Soni, Direktur Google Play, Asia Tenggara & Australia menjelaskan, pihaknya pertama kali meluncurkannya program tersebut tahun 2023 lalu dan saat itu belum pernah ada program seperti ini sebelumnya di dunia. Didukung Unity dan Asosiasi Game Indonesia (AGI), program tersebut dikatakan mendapat tanggapan luar biasa dan diikuti oleh lebih dari 800 developer dan mahasiswa di Indonesia.    "Kami belajar banyak dari penyelenggaraan tahun pertama tersebut, dan pelajaran yang didapat telah kami terapkan untuk menjadikan program tahun 2024 lebih besar dan lebih baik. Tahun ini, kami mengembangkan kapasitas program ini untuk menerima hingga lebih dari 500 developer, 5x lebih banyak daripada tahun lalu,” jelas Kunal di Jakarta, Selasa (27/2).   Sertifikasi Unity sendiri sudah diakui secara global dan merupakan sertifikasi industri yang dikembangkan melalui kolaborasi erat antara Unity, manajer perekrutan, dan spesialis desain pengujian. Hal ini bertujuan untuk menguji fokus keterampilan yang diperlukan untuk berbagai peran.   Outputnya, peserta dapat memvalidasi keahlian mereka, serta menunjukkan kesiapan mereka bersama Unity untuk langkah karir profesional berikutnya, khususnya di dalam industri game.  

  "Kami sangat antusias dalam menyambut kolaborasi yang berkelanjutan antara Google Play dan AGI guna mewujudkan program pelatihan pertama ini dan bagaimana program ini dapat memberikan pelatihan keterampilan yang berharga bagi para developer game di Indonesia.” kata John Biviano, Executive Director Middle East, India and SAPAC, Unity.   Di kesempatan yang sama, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengemukakan, industri game memiliki potensi yang amat besar. Selain melahirkan tim e-sports nasional yang terus mendapatkan hasil menjanjikan di tingkat global, sektor ini juga memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan bagi negara.    "Outlook Pariwisata & Ekonomi Kreatif 2021/2022 menyebutkan bahwa aplikasi dan gim berkontribusi sekitar Rp 31,25 triliun untuk PDB 2021, dengan tingkat pertumbuhan tertinggi kedua (9,17 %)," terang Sandiaga Uno.   Dirinya juga mengapresiasi inisiatif Google Play dan Unity yang tidak hanya membantu pemerintah mencapai target untuk melatih hingga tita ribu developer game pada tahun ini, tetapi juga membantu untuk terus meningkatkan keterampilan generasi baru.   "Hal ini penting untuk membangun kesiapan mereka untuk menghadapi masa depan, serta untuk membantu terciptanya 4,4 juta lapangan pekerjaan di 2024 ini," tutup Sandiaga Uno. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #untuk #calon #developer #game #indonesia #google #buka #pelatihan #sertifikasi #gratis

KOMENTAR