Yamaha Buka Rahasia Mesin Lexi LX 155 Punya Torsi Besar Tapi Tetap Nyaman
Mesin Yamaha Lexi LX 155 yang mendapat perubahan struktur yang menghasilkan torsi lebih besar. (Foto: Dony)
21:48
6 Februari 2024

Yamaha Buka Rahasia Mesin Lexi LX 155 Punya Torsi Besar Tapi Tetap Nyaman

- Hadirnya Lexi LX 155 di market skutik Tanah Air mendapatkan respon positif dari konsumen yang menginginkan skutik premium, simpel dan praktis, namun berperforma maksimal didukung mesin dan fitur, serta memberikan kenyamanan berkendara.

Bicara performa, yang paling signifikan dari Yamaha Lexi LX 155 yaitu mendapatkan pengembangan dari segi mesin. Tidak hanya sekadar mengubah mesin dari 125 cc ke 155 cc, akan tetapi struktur mesin juga berubah.

Walaupun memiliki kapasitas 155 cc seperti NMAX dan Aerox, namun untuk Lexi terbaru banyak pengembangan yang dilakukan.

PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan perubahan struktur mesin yang mampu memberikan dengan cita rasa mesin yang benar-benar baru.

Dengan adanya perubahan ini maka Yamaha Lexi LX 155 mempunyai torsi lebih besar yaitu 14,2 Nm. Angka ini lebih besar 0,3 Nm dibandingkan mesin Aerox dan NMAX.

Dalam memberikan keseimbangan performa agar tetap nyaman maka beberapa ada "sentuhan" baru yang dilakukan pada mesin Lexi LX 155.

"Agar tetap nyaman saat digunakan berkendara maka dari itu struktur mesinnya kita ubah, sehingga dengan torsi yang besar, tetapi gerakan gear tetap halus dengan sistem penggerak yang diperbaiki," ujar Ferry Nurul, Technical and Education YIMM. 

Ferry menambahkan kalau perubahan di mesin Yamaha Lexi LX 155 berfokus kepada efisiensi mekanis, atau lebih minim gesekan. Maka hal pertama yang dilakukan berfokus kepada rotor atau magnet yang lebih ringan.

"Saat memperingan magnet ini kita memikirkan balance antara bagian kanan dan kiri juga kita harus perhatikan agar seimbang," jelas Ferry.

Sedangkan hal kedua adalah merubah cranksaft atau kruk as, yang direvisi menjadi lebih pendek untuk mengurangi bobot juga dimensinya bisa menyesuaikan untuk faktor keseimbangan.

"Gubahan ketiga yang kita lakukan adalah untuk perpindahan putaran dari cranksaft ke camsaft, atau pergerakan katup. Kita ubah di camsaft atau tepatnya pada dudukan sproket-nya," jelas Ferry

Ferry menambahkan bahwa ini akan menjadi sebuah perubahan besar baru untuk generasi mesin Yamaha Maxi lainnya, khususnya untuk NMAX dan Aerox.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #yamaha #buka #rahasia #mesin #lexi #punya #torsi #besar #tapi #tetap #nyaman

KOMENTAR