Cara Menghapus File yang Diunduh di Android
Ilustrasi file yang diunduh di Android. (Freepik)
09:40
25 Januari 2024

Cara Menghapus File yang Diunduh di Android

Seringnya penggunaan perangkat Android, terkadang pengguna lupa dengan berapa banyak file yang diunduh ke ponsel tersebut. Mulai dari gambar hingga file PDF, banyak unduhan yang hanya berguna sementara.

Pengguna perlu mengetahui cara menghapus file yang diunduh di perangkat Android sebelum kinerja ponsel mulai menurun atau kehabisan tempat penyimpanan.

Berikut ini cara menghapus file yang diunduh di perangkat Android:

Cara menghapus unduhan di Android

Tergantung pada ponsel atau tablet yang dimiliki, pengelola file bawaan mungkin disebut File atau Manajer File atau yang serupa.

Temukan aplikasi ini di perangkat dan buka. Ada proses dua langkah untuk menghapus unduhan.

Pertama, temukan folder Download di pengelola file dan pindahkan file yang ingin pengguna hapus ke Trash. Kemudian klik folder Trash dan kosongkan. Jika tidak, file akan bertahan selama 30 hari sebelum Android menghapusnya.

Cara menghapus unduhan di aplikasi Files by Google

Files by Google adalah pengelola file yang dapat menjaga ponsel terbebas dari file asing. Jika pengguna ingin menggunakan Files by Google untuk menghapus file yang diunduh, mulailah dengan membuka aplikasi dan mengetuk tab Browse. Kemudian klik Downloads.

Pengguna akan melihat semua file yang diunduh. Pilih file pertama yang ingin pengguna hapus dan ketuk lalu tahan hingga kotak pilihan muncul di sebelah kanan.

Centang semua file yang ingin pengguna pindahkan ke Trash, lalu ketuk ikon tempat sampah di kanan atas. Klik konfirmasi.

Gunakan tombol kembali untuk kembali ke tab Browse. Kali ini ketuk ikon menu di kiri atas. Lalu ketuk Trash.

Karena pengguna telah memilih dengan cermat file yang ingin dihapus, pengguna dapat menggunakan kotak centang All item di bagian atas daftar. Kemudian klik Delete di kanan bawah.

Pengguna akan melihat folder Trash kosong.

Ilustrasi HP android (Pexels.com/Lisa Fotios)Ilustrasi HP android (Pexels.com/Lisa Fotios)

Cara menghapus unduhan menggunakan aplikasi Samsung My Files

Ponsel Samsung dilengkapi dengan aplikasi ini, tetapi juga tersedia di Google Play Store. Untuk menghapus unduhan menggunakan Samsung My Files, buka aplikasi dan ketuk tombol Download.

Temukan file pertama yang ingin pengguna hapus dan ketuk dan tahan hingga kotak centang pilihan muncul di sebelah kiri.

Pilih file yang ingin pengguna apus menggunakan kotak centang. Pengguna juga dapat menggunakan kotak centang All di kiri atas. Ketuk Delete di bagian bawah layar.

Gunakan tombol kembali ponsel untuk kembali ke halaman utama aplikasi dan gulir ke bawah untuk menemukan tombol Trash dan ketuk tombol tersebut.

Ketuk file pertama dan tahan hingga kotak centang pilihan muncul di sebelah kiri. Kemudian gunakan kotak centang All di kiri atas.

Lalu ketuk Delete all di kanan bawah. Konfirmasikan bahwa pengguna ingin mengosongkan semua file di Trash.

Itulah cara mudah yang bisa pengguna lakukan untuk menghapus file yang diunduh di Android.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #menghapus #file #yang #diunduh #android

KOMENTAR