Selain VAR, Ini Deretan Fakta BRI Liga 1 2024/2025 Bakal Lebih Baik Dibanding Musim Lalu
Ilustrasi video assistant referee (VAR). [Andres Larrovere / AFP]
16:36
8 Agustus 2024

Selain VAR, Ini Deretan Fakta BRI Liga 1 2024/2025 Bakal Lebih Baik Dibanding Musim Lalu

BRI Liga 1 2024/2025 akan segera dimulai dengan duel pembuka antara Persib Bandung dan PSBS Biak pada 9 Agustus 2024 di Stadion Si Jalak Harupat.

Musim ini, BRI Liga 1 kembali ke format kompetisi penuh, tanpa Championship Series.

Inovasi utama adalah penggunaan VAR sejak awal musim, yang dinilai positif selama Piala Presiden 2024, menurut ketua umum PSSI, Erick Thohir.

Penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di laga sepak bola profesional. [AFP]Penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di laga sepak bola profesional. [AFP]

Terkait penggunaan VAR di BRI Liga 1 juga mendapat apresiasi positif dari klub, salah satunya dari PSS Sleman. Dikutip dari laman resmi klub, pelatih PSS, Wagner Lopes menilai proses sosialisasi VAR sangat penting untuk seluruh peserta kompetisi agar paham mengenai regulasi dan ketentuan yang terjadi nanti di lapangan ketika kompetisi bergulir.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Kontestan BRI Liga 1 2024/2025: Maluku ke Kasta Tertinggi

"Sosialisasi ini memang sangat penting bagi para pemain memahami penggunaan teknologi VAR di pertandingan. Karena mereka bakal tahu langsung mengenai situasi pertandingan dengan penggunaan VAR," ungkap Lopes.

Selain VAR, berikut sejumlah hal yang membuat BRI Liga 1 musim ini lebih baik dibanding musim lalu.

Pemberian Edukasi

Edukasi untuk pelatih, pemain, dan ofisial juga dianggap penting, dengan operator liga dan PSSI aktif menjalankannya.

"Kami mendorong pemahaman tentang aturan permainan agar manajer dan pelatih mengetahui bahwa, sesuai aturan FIFA, hanya kapten yang bisa melakukan protes kepada wasit di lapangan," kata ketum PSSI Erick Thohir. 

Baca Juga: Daftar Lengkap Kepelatihan Timnas Indonesia: Merah Putih Rasa Negeri Gingseng

Profil Wasit Timnas Indonesia U-19 vs Malaysia, Al Bayushi Yahya [Pixabay]Profil Wasit Timnas Indonesia U-19 vs Malaysia, Al Bayushi Yahya [Pixabay]

Wasit Asing akan Membantu

BRI Liga 1 2024/2025 akan menampilkan wasit asing sebagai daya tarik tambahan, dengan rencana menghadirkan satu wasit asing setiap bulan.

Erick Thohir menyatakan bahwa kehadiran wasit asing penting untuk menjaga kualitas pertandingan dan meningkatkan kepercayaan diri wasit lokal.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #selain #deretan #fakta #liga #20242025 #bakal #lebih #baik #dibanding #musim #lalu

KOMENTAR