Ogah Lihat Head to Head Lawan Timnas Indonesia, Kiper Andalan Vietnam Cuma Fokus Raup Poin Penuh
Kiper Timnas Vietnam, Filip Nguyen saat memperkuat klubnya di Liga Vietnam. (Instagram.com/filipng1)
18:30
19 Januari 2024

Ogah Lihat Head to Head Lawan Timnas Indonesia, Kiper Andalan Vietnam Cuma Fokus Raup Poin Penuh

Laga matchday 2 Grup D Piala Asia 2023 lawan Timnas Indonesia akan menjadi 'derbi' Asia Tenggara pertama bagi kiper Vietnam, Filip Nguyen. Sang kiper pun menegaskan ambisinya untuk membawa Vietnam meraih poin penuh.

Timnas Vietnam akan menjajal kekuatan Timnas Indonesia pada laga di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam ini pukul 21:30 WIB.

Baik Timnas Indonesia maupun Vietnam sama-sama butuh kemenangan usai pada matcday 1 Grup D kalah. Skuad Garuda tumbang 1-3 lawan Irak, sementara Vietnam meski sempat memberikan perlawanan kontra Jepang namun akhirnya kalah 2-4.

Filip Nguyen, kiper 31 tahun berdarah Vietnam - Republik Ceko, sebagian besar bermain di Eropa sebelum pindah ke Liga Vietnam tahun lalu untuk bergabung dengan klub Cong An Ha Noi FC.

Ia menyadari sejarah antara Vietnam dan Indonesia dengan kedua belah pihak juga berada satu grup di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua.

Meski demikian, Filip mengaku akan fokus untuk meraih tiga poin dan tak terlalu memperdulikan soal head to head kedua tim.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Duel Lawan Vietnam, Yakob Sayuri Minta Dukungan Pemain ke-12 di Stadion Abdullah bin Khalifa

Vietnam benar-benar superior atas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, dengan kemenangan terakhir skuad Garuda atas Vietnam diraih pada 2016 silam.

“Kami akan menghormati Indonesia seolah-olah mereka memiliki kualitas yang sama dengan Jepang. Kami mengincar tiga poin karena ingin melaju ke babak berikutnya," ucap Filip seperti dilansir laman resmi Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024).

“Saya mengetahui sejarah antara kedua tim tetapi kami tidak akan membiarkan sejarah mempengaruhi kami, atau rekor bagus juga membuat kami terlena. Tidak!" tegasnya.

"Kami ingin fokus pada tugas yang ada, untuk mendapatkan tiga poin dan mencoba memainkan permainan kami.” tukas kiper yang baru debut bersama Timnas Vietnam senior pada 9 Januari 2024 itu di laga uji coba, setelah belum lama ini resmi dinaturalisasi.

Kemenangan di laga nanti akan membuka jalan kedua tim untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar.

Saat ini Timnas Indonesia dan Vietnam mengoleksi poin dan selisih gol yang identik di klasemen sementara Grup D, yakni nirpoin dan selisih gol -2.

Sementara itu, Jepang dan Irak sama-sama mengoleksi 3 poin dari 1 pertandingan, namun Jepang unggul produktivitas gol.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #ogah #lihat #head #head #lawan #timnas #indonesia #kiper #andalan #vietnam #cuma #fokus #raup #poin #penuh

KOMENTAR