Indra Sjafri Kunci 4 Juara Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Spesial Cetak Sejarah Tapi Nol Juara
indra Sjafri dan Shi Tae-yong (@timnas.indonesia)
13:18
30 Juli 2024

Indra Sjafri Kunci 4 Juara Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Spesial Cetak Sejarah Tapi Nol Juara

Indra Sjafri kembali menorehkan sejarah emas bagi sepak bola Indonesia. Sudah 4 gelar juara yang ditorehkan Indra Sjafri, bagaimana perbandingannya dengan Pelatih Timnas Indonesia senior Shin Tae-yong?

Kita ke Indra sjafri dulu. Indra Sjafri kali ini berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 keluar sebagai juara Piala AFF U-19 2024 setelah mengalahkan Thailand dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo.

Gol tunggal kemenangan dicetak oleh Jens Raven pada menit ke-17, hasil kerja sama apik lini tengah Garuda Muda.

Kemenangan ini mengukuhkan Indra Sjafri sebagai sosok yang sangat berpengaruh dalam pengembangan sepak bola muda Indonesia.

Baca Juga: 3 Pemain Terbaik Timnas Indonesia Berhasil Hancurkan Thailand Hingga Juara Piala AFF U-19 2024

Sebelumnya, ia telah berhasil membawa berbagai timnas kelompok umur meraih prestasi gemilang, termasuk gelar juara Piala AFF U-19 pada tahun 2013.

Kala itu, tim asuhannya yang diperkuat oleh talenta-talenta muda berbakat seperti Evan Dimas, Ilham Udin Armayn, dan Maldini Pali berhasil menaklukkan Vietnam melalui drama adu penalti.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri memeluk pemain Malaysia U-19 dalam laga semifinal Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/7/2024) malam WIB. Garuda Nusantara menang 1-0. [Dok. PSSI]Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri memeluk pemain Malaysia U-19 dalam laga semifinal Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/7/2024) malam WIB. Garuda Nusantara menang 1-0. [Dok. PSSI]

Keberhasilan Indra Sjafri secara konsisten melahirkan generasi emas sepak bola Indonesia.

Ia memiliki kemampuan luar biasa dalam menemukan dan mengasah bakat-bakat muda sehingga mampu bersaing di level internasional.

Selain gelar juara Piala AFF U-19, Indra Sjafri juga berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 meraih gelar juara Piala AFF U-22 2019 dan medali emas SEA Games 2023.

Baca Juga: Belajar dari Kasus Evan Dimas Cs, Jangan Ada Tur Nusantara Jilid II untuk Timnas Indonesia U-19

Sayangnya, ia harus puas menjadi runner-up di SEA Games 2019 setelah dikalahkan oleh Vietnam.

Rekapitulasi Prestasi Indra Sjafri di Final Kompetisi Usia Muda:

- Piala AFF U-19 2013: Indonesia vs Vietnam: 0-0 (menang adu penalti 7-6)

- Piala AFF U-22 2019: Indonesia vs Thailand: 2-1

- SEA Games 2019: Indonesia vs Vietnam: 0-3

- SEA Games 2023: Indonesia vs Thailand: 5-2

- Piala AFF U-19 2024: Thailand vs Indonesia: 0-1

Beralih ke Shin Tae-yong, dia menorehkan sejumlah sejarah baru bagi Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, telah menetapkan target ambisius untuk skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Instagram Shin Tae-yong)Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, telah menetapkan target ambisius untuk skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Instagram Shin Tae-yong)

Kemenangan telak 3-0 atas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, menjadi salah satu tonggak sejarah terbesar dalam sepak bola Indonesia.

Kemenangan ini tidak hanya memutus dominasi Vietnam di kandang sendiri selama dua dekade, tetapi juga menunjukkan betapa jauh Timnas Indonesia telah berkembang di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong.

Selain kemenangan di Hanoi, ada beberapa pencapaian luar biasa lainnya yang diraih oleh Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Di bawah arahan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia berhasil meloloskan tiga tim nasional ke Piala Asia secara beruntun, yakni Timnas senior, U-23, dan U-20.

Prestasi ini menunjukkan konsistensi dan keberhasilan Shin Tae-yong dalam membangun tim di berbagai kelompok umur.

Terakhir, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Timnas Indonesia berhasil menembus babak 16 besar Piala Asia.

Meskipun langkah mereka terhenti di babak tersebut, pencapaian ini tetap menjadi momen bersejarah bagi sepak bola Indonesia.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #indra #sjafri #kunci #juara #timnas #indonesia #shin #yong #spesial #cetak #sejarah #tapi #juara

KOMENTAR