Ada 'Si Anak Hilang' Shin Tae-yong, 5 Pemain Timnas Indonesia Berlaga di Liga Eropa Musim Depan yang Wajib Ditonton
Dua penggawa timnas Indonesia, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. (Kolase Dok.PSSI dan Instagram/@nathantjoeaon)
09:00
24 Juli 2024

Ada 'Si Anak Hilang' Shin Tae-yong, 5 Pemain Timnas Indonesia Berlaga di Liga Eropa Musim Depan yang Wajib Ditonton

Musim baru membawa harapan baru bagi pemain Timnas Indonesia yang berkarier di Eropa. Kabar baik ini tidak hanya menggembirakan pemain, tetapi juga penggemar Timnas Indonesia.

Para pemain diaspora, yang menjadi bintang utama Timnas setelah PSSI memperluas naturalisasi, mendapatkan kepercayaan dan pengalaman yang penting dari klub-klub Eropa.

Ini berdampak positif untuk persiapan Tim Garuda menjelang putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Indonesia, yang tergabung di Grup C bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, dan China, akan memulai laga pada 5 September 2024 melawan Arab Saudi di King Abdullah Sports City.

Baca Juga: Piala AFF U-19: Saatnya Timnas Indonesia Sempurnakan Rekor di Grup A

Siapa saja pemain Timnas yang akan bersinar di musim 2024/2025?

1. Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On dapat menit bermain di Swansea City. (swanseacity.com)Nathan Tjoe-A-On dapat menit bermain di Swansea City. (swanseacity.com)

Nathan Tjoe-A-On kembali ke Swansea City setelah dipinjamkan ke SC Heerenveen sejak Januari lalu. Pemanggilan ini menandakan bahwa Swansea memiliki rencana besar untuknya, terutama setelah ia tampil dalam laga pramusim melawan Bristol Rovers.

Jika Tjoe-A-On bisa mempertahankan performa konsisten, peluangnya untuk bermain reguler di musim 2024/2025 sangat terbuka.

2. Calvin Verdonk

Baca Juga: Dear Indra Sjafri, Jadikan Dua Pemain Ini Starter Jika Ogah Dirujak Netizen

Pemain Timnas Indonesia Calvin Verdonk saat menjalani debut ketika melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, selasa (11/6/2024). (Suara.com/Alfian Winanto)Pemain Timnas Indonesia Calvin Verdonk saat menjalani debut ketika melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, selasa (11/6/2024). (Suara.com/Alfian Winanto)

Fullback 27 tahun, Calvin Verdonk, kini menjadi incaran AZ Alkmaar untuk memperkuat lini belakang mereka, terutama di sisi kiri. AZ Alkmaar siap membayar mahal untuk mendapatkan Verdonk dari NEC Nijmegen.

Namun, transfer ini mungkin sulit karena Verdonk masih terikat kontrak hingga Juni 2025 dan masih sangat dibutuhkan oleh timnya.

Meski tetap di NEC Nijmegen, Verdonk dipastikan akan tetap menjadi starter musim 2024/2025, seperti musim lalu di mana ia tampil dalam 40 laga dengan dua gol dan tiga assist.

3. Thom Haye

Selebrasi Thom Haye selepas menciptakan gol untuk Indonesia ke gawang Filipina (pssi.org)Selebrasi Thom Haye selepas menciptakan gol untuk Indonesia ke gawang Filipina (pssi.org)

Raksasa Turki, Besiktas, dan klub Turki lainnya, Sivasspor, dilaporkan tertarik pada gelandang 29 tahun, Thom Haye.

Setelah kontraknya di Heerenveen, Belanda berakhir, Haye kini menjadi incaran banyak klub. AZ Alkmaar juga dikabarkan bersaing dengan Besiktas dan Sivasspor untuk mendapatkan Haye.

4. Elkan Baggott

Elkan Baggott Saat Berseragam Klub Ipswich Town. (transfermarkt.co.id)Elkan Baggott Saat Berseragam Klub Ipswich Town. (transfermarkt.co.id)

'Si anak hilang', Elkan Baggott siap mengakhiri statusnya sebagai pemain pinjaman dan membuktikan dirinya layak sebagai starter.

Belakangan, ia dikaitkan dengan Derby County, yang sedang mencari bek-bek di Liga Inggris.

Jika transfer ini terjadi, itu akan menjadi peluang besar bagi Baggott, yang sejak bergabung dengan tim senior Ipswich Town pada 2020, belum berhasil menetap di tim utama dan sering dipinjamkan ke klub lain. Semoga Baggott dapat mewujudkan mimpinya menjadi starter.

5. Jay Idzes

Jay Idzes saat melakoni laga debut bersama Timnas Indonesia melawan Vietnam pada 21 Maret 2024 (pssi.org)Jay Idzes saat melakoni laga debut bersama Timnas Indonesia melawan Vietnam pada 21 Maret 2024 (pssi.org)

Musim lalu, Jay Idzes tampil dalam 30 laga dan berperan penting dalam promosi Venezia ke Serie A 2024/2025.

Penampilannya yang mengesankan menarik minat klub-klub Italia, namun bek berusia 24 tahun ini tampaknya masih setia pada Venezia.

Musim depan, Idzes diprediksi tetap menjadi bagian dari starting XI di bawah pelatih Eusebio Di Francesco.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #anak #hilang #shin #yong #pemain #timnas #indonesia #berlaga #liga #eropa #musim #depan #yang #wajib #ditonton

KOMENTAR