Menakar Target Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Realistis atau Utopis?
Shin Tae-yong punya target berbeda dari PSSI untuk round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Dok. PSSI)
23:36
19 Juli 2024

Menakar Target Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Realistis atau Utopis?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) menjelaskan bahwa target Garuda di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia adalah finis empat besar Grup C.

Hal itu disampaikan Shin Tae-yong beberapa kali dengan terbaru diungkapkannya saat menjadi narasumber dalam sebuah acara dikutip dari kanal YouTube Lee Gyeong-gyu, Kamis (18/7/2024).

Timnas Indonesia diketahui tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China. Garuda dianggap jadi tim paling lemah di grup tersebut.

Merujuk peta kekuatan, Shin Tae-yong mengakui peluang untuk finis dua besar demi lolos langsung ke Piala Dunia 2026 tidak realistis.

Baca Juga: Perjalanan Jens Raven untuk Indonesia: Ditemukan Shin Tae-yong, Dimatangkan Indra Sjafri

Menurutnya, Jepang dan Australia akan jadi dua tim yang akan menguasai Grup C. Di sisi lain, dia bertekad untuk memimpin Timnas Indonesia setidaknya finis empat besar demi lolos ke putaran keempat.

"Menurut saya tidak masalah karena kami tidak menargetkan posisi satu atau dua klasemen grup. Kami lebih baik melawan tim kuat, jadi situasi saling mengalahkan itu akan bagus," ucap Shin Tae-yong dikutip dari YouTube Lee Gyeong-gyu.

"Jujur di grup kami Jepang dan Australia memiliki peluang tertinggi untuk lolos," tambah pelatih 53 tahun tersebut.

Menakar Peluang Timnas Indonesia

Tiga pemain keturunan Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner dan Rafael Struick. [AFP]Tiga pemain keturunan Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner dan Rafael Struick. [AFP]

Melihat peta persaingan, target yang dibidik Shin Tae-yong terbilang ambisus. Pasalnya, dari semua peserta Grup C, hanya Bahrain dan Garuda sendiri yang belum pernah lolos ke Piala Dunia.

Baca Juga: Shin Tae-yong Sudah Bersabda, Ini Target Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Merujuk Ranking FIFA pun, Timnas Indonesia merupakan tim dengan peringkat dunia terendah.

Pengalaman dua tim Asia Tenggara yang pernah tampil di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia yakni Vietnam dan Thailand pun tidak bisa terlalu diharapkan.

Vietnam dan Thailand yang masing-masing jadi wakil ASEAN di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan 2022, pada akhirnya menjadi juru kunci.

Hal itu menjadi gambaran bagaimana wakil-wakil ASEAN masih kesulitan untuk bersaing dengan tim-tim raksasa di Asia.

Pandangan Pengamat

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (pssi.org)

Pengamat sepak bola, Kesit B Handoyo menilai target Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia finis empat besar Grup C terbilang berat untuk diwujudkan.

"Sekarang kita memang ada kesempatan lah ya bersaing lolos ke putaran final [Piala Dunia 2026]. Cuma memang tidak gampang sih," kata Kesit saat berbincang dengan Suara.com.

"[Target Shin Tae-yong] tidak begitu realistis ya. Karena itu tadi, persaingan memperebutkan empat besar pun tidak gampang."

"Karena lawan-lawannya super berat dan sudah level Asia dan dunia. Karena Indonesia kan baru mau ke level Asia."

Meski menganggap peluang Garuda lolos ke putaran keempat cukup tipis, Kesit menjelaskan bahwa Timnas Indonesia sejatinya sudah meraih catatan positif dengan lolos ke putaran ketiga.

"Kalau sudah berada di putaran ketiga pun sebenarnya sudah satu catatan yang bagus," tambahnya.

Timnas Indonesia akan memulai perjuangan di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menghadapi Arab Saudi. Pertandingan akan berlangsung di Riyadh pada 5 September mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #menakar #target #shin #yong #kualifikasi #piala #dunia #2026 #realistis #atau #utopis

KOMENTAR