6 Pemain Timnas Indonesia Dipuji FIFA, Shin Tae-yong Dianggap Ubah Skuad Garuda Mainkan Sepak Bola Modern
Timnas Indonesia mendapatkan sorotan FIFA. (Dok. PSSI)
15:54
9 Juli 2024

6 Pemain Timnas Indonesia Dipuji FIFA, Shin Tae-yong Dianggap Ubah Skuad Garuda Mainkan Sepak Bola Modern

Keberhasilan timnas Indonesia melaju ke round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat FIFA menyoroti skuad Garuda. Shin Tae-yong serta anak asuhnya mendapatkan pujian.

Timnas Indonesia tergabung di grup yang berat round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Asnawi Mangkualam dkk bertemu Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Skuad Garuda lantas disorot oleh FIFA. Kesuksesan ini dianggap karena adanya perpaduan unik antara pemain muda dan berpengalaman.

Enam pemain timnas Indonesia mendapatkan pujian dari induk sepak bola tertinggi dunia tersebut.

Baca Juga: Eks PSSI Hembuskan Isu Maarten Paes Bisa Diambil Timnas Belanda Jika Ini Terjadi

"Masuknya pemain muda berbakat seperti Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, dan Witan Sulaeman yang tampil mengesankan ketika mencetak sejarah mencapai babak 16 besar Piala Asia 2023 dan menjadi semifinalis Piala Asia U-23 menambah energi," tulis laporan FIFA sebagaimana dikutip Suara.com, Selasa (9/7/2024).

"Tim juga dihuni para pemain keturunan yang berpengalaman seperti Jordi Amat, Thom Haye, dan Sandy Walsh semakin menambah kualitas dan kedalaman skuad," lanjutnya.

Lebih lanjut, FIFA membeberkan bahwa berkembangnya timnas Indonesia ada peran Shin Tae-yong sebagai juru taktik skuad Garuda.

"Berkembangnya tim juga tak lepas dari peran Shin Tae-yong sebagai pelatih. Tangan dingin dan kedisiplinan tinggi juru taktik papan atas Asia asal Korea Selatan tersebut membentuk karakter dan gaya permainan Indonesia menjadi lebih modern," lanjut FIFA.

Rekam jejak Shin Tae-yong yang mengangkat ranking FIFA timnas Indonesia juga menjadi sorotan. Sebab, di awal kepelatihannya posisi skuad Garuda di urutan ke-173 dan kini bisa mencapai 134 dunia.

Baca Juga: STY Didesak Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Apapun Caranya

Editor: Arif Budi

Tag:  #pemain #timnas #indonesia #dipuji #fifa #shin #yong #dianggap #ubah #skuad #garuda #mainkan #sepak #bola #modern

KOMENTAR