Euro 2024: Desakan Pemecatan Southgate Muncul di Tengah Turnamen, Harry Redknapp Jadi Caretaker Timnas Inggris
Pelatih kawakan Inggris, Harry Redknapp. [PETER PARKS / AFP]
20:48
26 Juni 2024

Euro 2024: Desakan Pemecatan Southgate Muncul di Tengah Turnamen, Harry Redknapp Jadi Caretaker Timnas Inggris

Timnas Inggris terus jadi sorotan di Euro 2024 dalam konotasi negatif. Inggris yang sejatinya salah satu favorit juara turnamen, tampil di bawah standar sepanjang fase grup Piala Eropa di Jerman.

Penampilan Timnas Inggris di bawah asuhan pelatih Gareth Southgate praktis jauh di bawah ekspektasi di Euro 2024.

Meski berhasil melaju ke babak 16 besar sebagai juara Grup C, The Three Lions --julukan Timnas Inggris-- cuma sekali menang dari tiga pertandingan fase grup, itu pun dengan skor tipis 1-0 atas Serbia.

Di dua laga lainnya, pasukan Southgate cuma main imbang 1-1 dengan Denmark dan yang teranyar 0-0 lawan Slovenia pada matchday 3 yang digelar Rabu (26/62/2024) dini hari WIB.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Georgia vs Portugal, Duel Jvarosnebi vs Selecao das Quinas di Euro 2024

Meski punya skuad bertabur bintang, permainan Timnas Inggris sangat monoton, membosankan, serta tumpul dan minim kreativitas.

Pandit senior Inggris, Richard Keys pun mendesak Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk memecat Southgate sebelum Inggris berlaga di babak 16 besar Euro 2024.

Ya, Southgate didesak untuk dipecat saat turnamen tengah berjalan. Pelatih kawakan Inggris, Harry Redknapp pun diusung sebagai pengganti.

Eks manajer Tottenham dan West Ham yang kini sudah berusia 77 tahun itu direkomendasikan untuk dikontrak jangka pendek untuk fase gugur Euro 2024 saja.

Berbicara di beIN Sports, Keys berkata: "Saya sangat depresi melihat Inggris bermain. Melawan Slovenia, lagi-lagi performa Inggris sangat menyedihkan."

Baca Juga: Hasil Euro 2024: Duel Inggris vs Slovenia Berakhir Imbang 0-0

"Saya berada di titik di mana jika saya diberi wewenang, maka saya mungkin akan memecat Southgate karena kita benar-benar tak ke mana-mana," sambung eks pandit sky Sports itu, Rabu (26/6/2024).

Pelatih kepala Inggris Gareth Southgate (kanan) dan asistennya Steve Holland (kiri) bereaksi dari pinggir lapangan selama pertandingan sepak bola Grup C UEFA Euro 2024 antara Serbia dan Inggris di Arena AufSchalke di Gelsenkirchen pada Minggu (16/6/2024). (ANTARA/AFP/Alberto Pizzoli)Pelatih kepala Timnas Inggris, Gareth Southgate (kanan) di Euro 2024. (ANTARA/AFP/Alberto Pizzoli)

"Kita di sini untuk memenangkannya. Tapi dari yang saya lihat, mereka tidak akan memenangi laga berikutnya, apalagi menjuarai turnamen ini."

"Harry Redknapp sedang di Dubai malam ini, coba ditelepon. Jurgen Klopp mungkin tak mau tapi Harry, Anda pikir dia tidak akan mau dan langsung terbang besok pagi?"

The Three Lions sendiri berpotensi menghadapi salah satu dari Belanda, Rumania, Slowakia, Ukraina, atau Belgia pada babak 16 besar Euro 2024, Minggu (30/6), di Gelsenkirchen.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #euro #2024 #desakan #pemecatan #southgate #muncul #tengah #turnamen #harry #redknapp #jadi #caretaker #timnas #inggris

KOMENTAR