Bikin Kuping Pedas! Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Lolos Dibantu Wasit
Cuplikan Laga Antara Timnas Indonesia vs. Irak pada Selasa (11/06/2024) di Ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Round 2 Zona Asia. [pssi.org]
13:42
12 Juni 2024

Bikin Kuping Pedas! Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Lolos Dibantu Wasit

Vietnam nampaknya masih enggan menerima kenyataann gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

The Golden Star Warriors kalah bersaing dengan Irak dan Timnas Indonesia yang mewakili Grup F ke fase berikutnya.

Indonesia memastikan lolos usai menang 2-0 atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Kemenangan itu sekaligus menggugurkan harapan Vietnam, meski beberapa jam kemudian juga menelan kekalahan 1-3 dari Irak.

Baca Juga: Viral Bung Towel Dilempar Botol Minuman saat Nonton Bareng Timnas Indonesia vs Filipina di Velodrome

Namun, media Vietnam, Soha.vn justru menyinggung kelolosan Indonesia banyak dibantu Rustam Lutfullin asal Uzbekistan yang memimpin laga melawan Filipina.

"Kenyataannya Vietnam menderita kerugian dan Indonesia diuntungkan karena keputusan wasit asal Uzbekistan tersebut," tulis Soha.vn yang dilansir , Rabu (12/6/2024).

Soha berpedoman pada statmen pelatih Filipina, Tom Saintfiet yang menolai wasit setidaknya mengambil dua keputusan yang menguntungkan tim Indonesia.

Saintfiet menilai Filipina seharusnya mendapat hadiah penalti jika Adrian Ugelvik bertabrakan dengan kiper Ernando Ari di kotak penalti Indonesia.

Tabrakan ini terjadi pada menit ke-85 dan situasi tersebut bahkan membuat Adrian Ugelvik harus masuk ke dalam ambulans untuk diangkut ke rumah sakit.

Baca Juga: Rahasia Debut Manis Calvin Verdonk di Timnas Indonesia, Ada Pesan Khusus dari Shin Tae-yong!

"Ada momen ketika pemain kami bertabrakan dengan kiper Indonesia. Seharusnya penalti karena kiper Indonesia tidak menyentuh bola," ujar dia.

Pelatih Tom Saintfiet yakin jika penalti diberikan dalam situasi tersebut, tim Filipina bisa mendapatkan kembali semangatnya dan mengejar ketertinggalan melawan Indonesia.

Selain soal penalti, kapten tim Filipina itu juga menyebut seharusnya wasit memberikan perpanjangan waktu babak kedua lebih lama pasca cederanya Adrian Ugelvik.

"Waktu tambahan seharusnya diperpanjang karena ada ambulans di lapangan," paparnya.

Pada pertandingan tadi malam, wasit utama yang bertugas di Stadion Bung Karno adalah Bapak Rustam Lutfullin dari Uzbekistan. Khususnya, pertandingan babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, termasuk laga Indonesia kontra Filipina, tidak memiliki VAR.

Namun, penyebutan wasit oleh pelatih Tom Saintfiet mungkin hanya salah satu cara pelatih ini membenarkan kekalahan tersebut. Faktanya, Indonesia bermain luar biasa, menang telak melawan Filipina.

Pada dasarnya di Grup F, Indonesia masih lebih baik dibandingkan pesaing langsungnya, Vietnam. Fakta bahwa Pelatih Shin Tae-yong dan timnya meraih tiket ke babak berikutnya memang pantas didapatkan.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #bikin #kuping #pedas #media #vietnam #sebut #timnas #indonesia #lolos #dibantu #wasit

KOMENTAR