Hasil Lengkap Negara ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Thailand Nangis, Vietnam Nyungsep
Pemain Timnas Indonesia Rizky Ridho selebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
11:48
12 Juni 2024

Hasil Lengkap Negara ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Thailand Nangis, Vietnam Nyungsep

Negara-negara asal Asia Tenggara alias ASEAN telah menyelesaikan perjuangannya di Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jika melihat hasil lengkapnya, ada banyak kontestan ASEAN yang meraih hasil positif.

Seluruh peserta asal Asia Tenggara telah mengakhiri persaingannya pada Selasa (11/6/2024). Setidaknya, ada tujuh negara ASEAN yang bertanding pada Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dari persaingan Grup B, Myanmar kembali menjadi bulan-bulanan para pesaingnya. Pada pertandingan terakhir, mereka digasak Korea Utara dengan skor 1-4 di New Laos National Stadium, Vientiane.

Dengan hasil ini, Myanmar harus puas menjadi juru kunci Grup B. Pasalnya, dari enam pertandingan, mereka hanya sanggup meraih satu poin saja alias menelan satu imbang dan lima kekalahan.

Baca Juga: Media Eropa Puji Kesuksesan Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sementara itu, pertandingan terakhir Grup C mempertemukan dua peserta asal ASEAN, yakni Thailand kontra Singapura. Hasilnya, Skuad Gajah Perang sukses unggul 3-1 atas The LIons di Rajamangala Stadium, Bangkok.

Sayangnya, hasil ini gagal membawa Thailand lolos ke fase berikutnya. Sebab, skuad Gajah Perang yang mengoleksi 8 poin harus kalah dengan China di peringkat kedua dengan koleksi yang sama.

Sebetulnya, selisih gol keduanya setara, yakni mencetak total sembilan gol dan kebobolan sembilan gol. Namun, China dianggap menang melalui perhitungan head-to-head gol atas Thailand.

Adapun Malaysia yang tergabung di Grup D juga sukses menang 3-1 atas Chinese Taipei. Sayangnya, hasil ini gagal membawa Harimau Malaya lolos karena mereka finis di peringkat ketiga.

Memasuki Grup F, Timnas Indonesia sukses menang atas Filipina dengan skor 2-0. Hasil ini membawa skuad Garuda menjadi satu-satunya kontestan asal ASEAN yang sukses melenggang ke babak berikutnya.

Baca Juga: Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Jalur Kilat Lho

Adapun pertandingan lainnya di Grup F menghasilkan catatan minor bagi Vietnam. Bertandang ke markas Irak, The Golden Star harus tumbang dengan skor 1-3 dan gagal lolos ke Putaran Ketiga.

Hasil Lengkap Negara ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Grup B: Korea Utara vs Myanmar (4-1)

Grup C: Thailand vs Singapura (3-1)

Grup D: Malaysia vs Chinese Taipei (3-1)

Grup F: Indonesia vs Filipina (2-0)

Grup F: Irak vs Vietnam (1-3)

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #hasil #lengkap #negara #asean #kualifikasi #piala #dunia #2026 #thailand #nangis #vietnam #nyungsep

KOMENTAR