Saingan Megawati Terancam Diputus Kontrak, Mediol Yoku Jadi ke Liga Voli Korea Wanita?
Kapten Pink Spiders, Kim Yeon-koung ketika melakukan selebrasi bersama rekan setimnya saat melawan IBK Altos di Liga Voli Korea putaran keempat - Pink Spiders terancam mencoret Jelena Mladenovic. 
03:30
18 Januari 2024

Saingan Megawati Terancam Diputus Kontrak, Mediol Yoku Jadi ke Liga Voli Korea Wanita?

- Nama Jelena Mladenovic menjadi kembali menjadi bahan perbincangan, khususnya di kalangan suporter Pink Spiders, setelah kalah dari GS Caltex di lanjutan Liga Voli Korea Wanita putaran ke-4.

Berlangsung di Gimnasium Jangchung, Seoul, GS Caltex sukses membungkam Pink Spiders lewat kedudukan 3-1 (26-28, 25-21, 27-25 dan 25-21), Rabu (17/1/2024).

Sorotan tertuju kepada Jelena Mladenovic yang juga merupakan rival Megawati Hangestri. Opposite asal Bosnia tersebut memulai laga sebagai pemain pengganti.

Keputusan pelatih Pink Spiders mencadangkan Jelena tak terlepas dari performa negatifnya pada pertandingan terakhir. Dia hanya mengemas 8 poin saat Kim Yeon-koung cs mengalahkan Hi-Pass 3-1.

Kim Yeon-koung penggawa Pink Spiders bersama koleganya setelah mengalahkan Red Sparks di Liga Voli Korea. Kim Yeon-koung penggawa Pink Spiders bersama koleganya setelah mengalahkan Red Sparks di Liga Voli Korea. (Instagram @hkpinkspiders)

Jelena pun pada pertandingan ini masuk di pertengahan babak kedua. Hanya saja, dia tidak mampu memberikan dampak signifikan terhadap permainan.

Jelena menyumbang 12 poin, tertinggal 11 angka dari KYK sebagai pendulang angka terbanyak.

Keluhan suporter Pink Spiders pun jelas semakin menjadi melihat penampilan sang opposite yang terus berada di bawah standar. 

Bahkan mereka mengirimkan pesan melalui truk yang ditujukan kepada tempat latihan Pink Spiders. Pesan tersebut berisi keluhan atas performa Jelena.

Tak sedikit yang meminta agar manajemen Pink Spiders memutus kontrak sang pevoli dan merekrut amunisi baru.

Apakah bisa? Jawabannya bisa.

Hanya saja regulasi Liga Voli Korea Selatan sedikit unik dibanding beberapa kompetisi lainnya.

Lazimnya, setiap klub dapat memutus kontrak pemain asingnya jika dirasa tidak memenuhi ekspektasi dan menggantinya dengan amunisi baru.

Namun di Liga Voli Korea Selatan hal ini tidak berlaku.

Setiap tim tidak bisa leluasa mencari pemain baru jika mereka terpaksa memutus kontrak pemain asingnya di pertengahan musim.

Dilaporkan News1, setiap tim di Liga Voli Korea Selatan hanya bisa mengganti pemain asing dengan amunisi yang terdaftar dalam draft KOVO 2023.

Ini menjadi pertanyaan, apakah pevoli Indonesia seperti Wilda Nurfadhilah Sugandi dan Mediol Stiovanny Yoku bisa menyusul Megawati menggantikan Jelena?

Tentu saja tidak. Pasalnya pemain Pink Spiders yang diganti ialah Jelena Mladenivic, bukan Reina Tokoku.

Jelena mengisi draft pemain asing non-Asia. Berbeda cerita jika Reina yang berasal dari Jepang dicoret, maka peluang Wilda ataupun Mediol Yoku mengisi kuota pemain asing Asia masih terbuka.

Sebagai pengingat, Mediol Yoku dan Wilda Nurfadhilah sebelumnya masuk draft KOVO slot Asia untuk musim 2023/2024. Hanya saja peruntungannya belum sebagus Megawati Hangestri.

Jika benar Jelena dicoret pada pertengahan musim, menyusul putaran kelima Liga Voli Korea Selatan, maka penggantinya ialah pevoli asing non Asia yang terdaftar dalam draft sebelumnya.

Respons Pelatih Pink Spiders

Pelatih Red Sparks, Marcello Abbodanza pun mengeluhkan regulasi 'unik' soal transfer di Liga Voli Korea Selatan. 

Situasi Jelena yang mengalami penurunan performa, membuatnya kesulitan untuk mengambil keputusan apakah jasa sang opposite tetap dibutuhkan atau sebaliknya di sisa musim ini.

"Bedanya dengan liga lain, pasar V-League tidak terbuka sehingga tidak bisa mendatangkan pemain yang diinginkan. Di liga luar negeri, jika performa kurang bagus, maka bisa dilepas," terang Abbodanza, seperti yang dikutip dari laman Naver.

"Di sini (Korea Selatan) tidak demikian, penggantinya harus sesuai dengan nama yang berada dalam draft kemarin."

"Untuk situasi Jelena, saya harapkan dia lekas kembali menemukan permainan terbaiknya. Kami membutuhkan konsistensi untuk memetik kemenangan," pungkas pelatih berkebangsaan Italia.

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Arif Tio Buqi Abdulah

Tag:  #saingan #megawati #terancam #diputus #kontrak #mediol #yoku #jadi #liga #voli #korea #wanita

KOMENTAR