Media Vietnam Sambut Gembira Kekalahan Timnas Indonesia, Gaungkan Peluang Singkirkan Garuda dari Kualifikasi Piala Dunia
Para pemain Timnas Irak berselebrasi usai berhasil mencetak gol saat pertandingan sepak bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
20:12
6 Juni 2024

Media Vietnam Sambut Gembira Kekalahan Timnas Indonesia, Gaungkan Peluang Singkirkan Garuda dari Kualifikasi Piala Dunia

Kekalahan Timnas Indonesia di matchday kelima Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendapat sorotan dari media Vietnam. Kekalahan tersebut, menurut laporan Soha, bisa menjadi titik balik bagi The Golden Star Warriors.

Timnas Indonesia dikalahkan Irak 2-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (6/6/2024) sore WIB. Di laga tersebut skuad Garuda diganjar dua hukuman penalti dan satu kartu merah.

Pada menit ke-59 Indonesia harus bermain dengan 10 orang setelah Jordi Amat melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan di dekat area penalti. Wasit langsung memberi kartu merah kepada Amat.

Para pemain Timnas Indonesia berebut bola dengan pemain Irak saat pertandingan sepak bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Para pemain Timnas Indonesia berebut bola dengan pemain Irak saat pertandingan sepak bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sebelumnya, pada menit ke-53, Indonesia diganjar hukuman penalti ketika bek naturalisasi Justin Hubner menyentuh bola dengan tangannya di kotak penalti. Aymen Hussein yang maju sebagai eksekutor sukses menundukkan Ernando Ari.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tunduk Lawan Irak, Asnawi Mangkualam Vokal Keluhkan Lapangan Jelek SUGBK

Namun titik balik dalam laga tersebut terjadi di awal babak kedua. Pasalnya, Indonesia bermain sangat baik di babak pertama, bahkan beberapa kali mendapat peluang untuk menjebol gawang Irak.

Tertinggal satu gol di babak kedua dan bermain dengan 10 orang, Indonesia kembali diganjar penalti di menit ke-72 setelah kiper Ernando Ari secara ilegal memblok penyerang lawan di kotak penalti.

Sayangnya kali ini tembakan Aymen Hussein melambung di atas mistar. Keberuntungan berpihak pada Indonesia.

Pada menit ke-88, Ernando Ari melakukan kesalahan saat mencoba membelokkan bola melewati pemain Irak, sehingga menciptakan peluang bagi pemain pengganti baru, Loay Al Ani, untuk mencetak gol.

Kekalahan 0-2 dari Irak belum bisa menjamin Indonesia lolos ke putaran ketiga. Mereka masih perlu mengikuti hasil pertandingan pada pukul 19.00 WIB antara Timnas Vietnam dan Filipina yang ketika berita ini diturunkan kedua tim masih bermain imbang tanpa gol.

Baca Juga: Shayne Pattynama Bantah Timnas Indonesia Main Buruk Meski Dibungkam Irak 0-2

Di laga kali ini, jika Vietnam menang melawan Filipina, Indonesia berisiko dijungkirbalikkan The Golden Star Warriors. Secara spesifik, jika di babak terakhir Vietnam menang melawan Irak, sedangkan Indonesia tidak bisa mengalahkan Filipina, maka pelatih Shin Tae-yong dan timnya akan tersingkir, dan pelatih Kim Sang-sik dan timnya akan mendapat tiket ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tentu saja, untuk menjungkirbalikan Indonesia, Vietnam membutuhkan banyak syarat. Namun syarat pertama adalah Indonesia kalah dari Irak, dan Vietnam mengalahkan Filipina malam ini.

Irak saat ini memimpin Grup F dengan 12 poin, diikuti Indonesia dengan tujuh poin di tempat kedua. Vietnam berada di tempat ketiga dengan tiga poin, dan Filipina di posisi juru kunci dengan sebiji poin.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #media #vietnam #sambut #gembira #kekalahan #timnas #indonesia #gaungkan #peluang #singkirkan #garuda #dari #kualifikasi #piala #dunia

KOMENTAR