3 Pemain Timnas Indonesia yang Harus Dicoba Tampil Starter Lawan Vietnam di Piala Asia 2023
Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada laga Piala Asia 2023 kontra Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB. [KARIM JAAFAR / AFP]
17:54
17 Januari 2024

3 Pemain Timnas Indonesia yang Harus Dicoba Tampil Starter Lawan Vietnam di Piala Asia 2023

Jelang laga melawan Vietnam dalam lanjutan babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023, 3 pemain dinilai layak menjadi starter Timnas Indonesia.

Lupakan kekalahan dari Irak di laga pertama fase grup Piala Asia 2023, Timnas Indonesia dihadapkan dengan laga hidup-mati melawan Vietnam.

Shin Tae-yong dinilai harus melakukan sedikit perubahan untuk pertandingan yang digelar pada Jumat (19/1/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa ini.

Pasalnya strategi saat melawan Irak tentu sudah diantisipasi kubu Vietnam, termasuk bagaimana komposisi pemain yang dimainkan.

Setidaknya ada 3 pemain yang dinilai layak mendapatkan kesempatan untuk bermain sebagai starter di laga Vietnam.

Lantas siapa saja pemain tersebut dan alasan kuat apa yang membuat mereka harus menjadi starter di laga hidup-mati Timnas Indonesia?

Berikut ini tiga pemain yang dinilai layak mendapat kesempatan bermain sejak menit awal melawan Vietnam.

Sandy Walsh

Dengan kondisi Asnawi Mangkualam yang terlihat kurang baik-baik saja di laga melawan Irak, Sandy Walsh mungkin bakal jadi starter.

Mengisi pos sayap kanan Timnas Indonesia yang sebelumnya diisi Asnawi Mangkualam, pemain ini ditarik keluar di jeda babak melawan Irak.

Sandy Walsh mungkin berada dalam kondisi yang lebih bugar dari Asnawi, hal itu bakal jadi pertimbangan Shin Tae-yong.

Shayne Pattynama

Seperti yang diketahui bersama posisi bek sayap kiri Timnas Indonesia adalah milik Pratama Arhan, namun Shayne Pattynama juga bisa meng-covernya.

Shayne Pattynama bisa berada di depan Arhan atau di belakangnya, variasi formasi baru bisa diterapkan Shin Tae-yong.

Dengan Marselino Ferdinan lebih berperan sebagai second striker atau gelandang serang, taktik ini tak mengharuskan Arhan absen.

Ramadhan Sananta

Pengalaman bermain di Eropa yang dimiliki Rafael Struick dirasa belum cukup mampu mendobrak lini bertahan lawan, hal itu terlihat saat melawan Irak.

Ramadhan Sananta jadi opsi terbaik, dibekali fisik kuat dan tak ragu duel melawan bek lawan menjadi kelebihan tersendiri.

Opsi menjadikan Ramadhan Sananta sebagai starter di laga melawan Vietnam tentu akan memberi kejutan tersendiri bagi lawan.

Kontributor: Eko

Editor: Arif Budi

Tag:  #pemain #timnas #indonesia #yang #harus #dicoba #tampil #starter #lawan #vietnam #piala #asia #2023

KOMENTAR