Keputusan Pelatih Irak Boyong Kiper Minim Pengalaman Lawan Timnas Indonesia Jadi Pertanyaan
Pelatih Timnas Irak, Jesus Casas (kanan). [KARIM JAAFAR / AFP]
13:48
22 Mei 2024

Keputusan Pelatih Irak Boyong Kiper Minim Pengalaman Lawan Timnas Indonesia Jadi Pertanyaan

Keputusan Pelatih Irak Jesus Casas memanggil Kiper minim pengalaman untuk menghadapi Timnas Indonesia untuk laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 menjadi pertanyaan sejumlah pihak. Penjaga gawang itu adalah Kumel Saadi.

Salah satu yang mempertanyakan keputusan Casas adalah pelatih kiper klub Al-Sinaa, Dhia Jabbar. Menurut Jabbar, Kumel Saadi belum pantas masuk tim utama.

"Kumel tidak bisa membuktikan dirinya dengan tim Olimpiade dan klub Naft Al Basra. Penjaga gawang itu kurang pengalaman dan jam terbang," kata Jabbar dilansir dari Almaalomah, Rabu (22/5/2024).

Bagi Jabbar, tim nasional bukan ajang untuk coba-coba. Pemain-pemain terbaik harus ada di dalamnya dan bersaing.

"Tim nasional bukan tempat untuk bereksperimen, tetapi merupakan hak pemain atau penjaga gawang berdasarkan apa yang mereka berikan dengan klub mereka," tambahnya.

"Saya bertanya-tanya apa yang mendasari staf pelatih untuk mengevaluasi penjaga gawang dan memanggilnya ke tim nasional, sementara pada saat yang sama kami tidak mempertanyakan pemanggilan penjaga gawang lain karena itu adalah hak alami mereka?" pungkasnya.

Adapun Irak akan berhadapan dengan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 6 Juni 2024. Sejatinya Irak sudah memastikan satu tempat di putaran ketiga apapun hasilnya nanti.

Selain bersua Timnas Indonesia, Irak juga akan menghadapi Vietnam lima hari setelahnya. Patut dinanti apakah Irak akan tampil serius atau mencoba-coba pemain.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #keputusan #pelatih #irak #boyong #kiper #minim #pengalaman #lawan #timnas #indonesia #jadi #pertanyaan

KOMENTAR