Unggul Tipis atas Haaland, Lionel Messi Sabet Gelar Pemain Terbaik FIFA 2023
Penyerang Timnas Argentina, Lionel Messi. [Daniel RAMALHO / AFP]
12:24
16 Januari 2024

Unggul Tipis atas Haaland, Lionel Messi Sabet Gelar Pemain Terbaik FIFA 2023

Penyerang legendaris Argentina, Lionel Messi dimahkotai gelar individual prestisius Pemain terbaik FIFA 2023 pada upacara pemberian penghargaan di London, Inggris, Selasa (16/1/2024) WIB.

Messi memenangi penghargaan itu untuk ketiga kalinya, namun kemenangan terbaru Lionel Messi ini cukup mengejutkan sebab Erling Haaland juga banyak memberi kontribusi untuk kesuksesan Manchester City.

Penghargaan itu hanya mencakup periode setelah penyerang 36 tahun itu memimpin Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia pada Desember 2022 sampai Agustus 2023.

Sepanjang masa itu, pemenang Ballon d’Or delapan kali Messi telah memutuskan untuk mengakhiri kariernya di Paris Saint-Germain (PSG), meski di sana sempat menjuarai Liga Prancis, dan memilih bergabung dengan klub Liga Amerika Serikat, Inter Miami pada Juni 2023.

Messi dengan cepat menorehkan prestasi di MLS, ketika ia membantu timnya memenangi trofi pertama mereka, yakni Piala Liga Amerika Serikat pada Agustus.

Haaland sendiri difavoritkan untuk menjadi pemenang setelah mengemas 52 gol pada musim debutnya di Manchester City, sambil membantu klub itu menjuarai Liga Champions, Liga Inggris, dan Piala FA.

Setelah menerima jumlah poin yang sama dari sistem pemberian nilai dari pemungutan suara yang didapat dari kapten-kapten timnas, para pelatih, pewarta, dan penggemar, Messi unggul tipis dari Haaland dan dinyatakan berhak memenangi penghargaan tersebut.

Mantan rekan setim Messi di PSG, Kylian Mbappe, menduduki posisi ketiga.

Sementara itu, Pep Guardiola terpilih sebagai Pelatih Terbaik FIFA 2023 setelah membawa City memenangi gelar Liga Champions untuk pertama kalinya.

nam pemain Manchester City masuk dalam nominasi tim terbaik sepak bola putra tahun 2023 yang diumumkan dalam acara penghargaan The Best FIFA Football Awards di London, Senin waktu setempat atau Selasa dini hari WIB.

Enam pemain Manchester City juga masuk dalam 11 pemain terbaik FIFA 2023. Mereka adalah John Stones, Kyle Walker, Ruben Dias, Bernardo Silva, Kevin de Bruyne, serta Erling Haaland.

Seperti dirilis laman resmi FIFA, ke-11 pemain tim putra terbaik tahun ini adalah Thibaut Courtois (Real Madrid), John Stones, Kyle Walker, Ruben Dias, Bernardo Silva, Bernardo Silva (semua Manchester City), Jude Bellingham (Real Madrid), Kevin de Bruyne dan Erling Haaland (keduanya Manchester City), Kylian Mbappe (PSG), Lionel Messi (Inter Miami), dan Vinicius Jr (Real Madrid).

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #unggul #tipis #atas #haaland #lionel #messi #sabet #gelar #pemain #terbaik #fifa #2023

KOMENTAR