Kumpulan Momen Kontroversi Laga ''Komedi'' Qatar vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024
Timnas Indonesia U-23 menjalani sesi foto jelang menghadapi Qatar U-23 dalam matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024) malam WIB. [Dok. PSSI]
10:54
16 April 2024

Kumpulan Momen Kontroversi Laga ''Komedi'' Qatar vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Laga antara Qatar dan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 tidak hanya menyuguhkan pertandingan sepak bola, tetapi juga sederet kontroversi yang mencuat. Berikut adalah lima kontroversi yang terjadi dalam pertandingan tersebut.

Timnas Indonesia U-23 harus menelan pil pahit saat menghadapi Qatar dengan gol penalti Khaled Ali dan tendangan bebas Ahmed Al Rawi yang menjadi penentu kemenangan.

Keputusan wasit Nasrullo Kabirov, didukung oleh wasit VAR Sivakorn Pu Udon, menjadi sorotan utama dalam pertandingan antara tuan rumah dan tim debutan ini.

Keputusan Kabirov yang beberapa kali mengejutkan memicu perdebatan, khususnya lima momen yang menjadi pusat perhatian.

Cuplikan Laga Antara Indonesia U-23 vs. Qatar U-23. (pssi.org)Cuplikan Laga Antara Indonesia U-23 vs. Qatar U-23. (pssi.org)

Salah satunya adalah momen di mana Hashmi Al Hussain diduga mendorong Marselino Ferdinan tanpa dianggap sebagai pelanggaran oleh Kabirov.

Saat umpan panjang Qatar masuk ke kotak penalti Timnas Indonesia, Rizky Ridho dan Mahdi Salem terjatuh, yang awalnya diberi pelanggaran kepada Indonesia namun berubah menjadi penalti untuk Qatar setelah intervensi VAR.

Insiden kartu kuning kedua Ivar Jenner, yang cukup membingungkan dan kontroversial setelah insiden pada akhir babak pertama, turut meramaikan diskusi.

Kartu kuning juga diberikan kepada Ridho, yang diyakini Kabirov sebagai akibat dari gerakan tangan yang diarahkan ke arah Salem.

Pada menit ke-56, Saifeldeen Hassan mendapat kartu kuning setelah melakukan tekel kepada Witan Sulaeman, meskipun awalnya terlihat seperti kartu merah.

Timnas Indonesia U-23 takluk 0-2 dari tuan rumah Qatar, pada pertandingan pertamanya di Grup A Piala Asia U-23 2024, di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin malam.

Pada pertandingan yang diwarnai beberapa keputusan kontroversial dari wasit Nasrullo Kabirov itu, kedua gol Qatar tercipta dari situasi bola mati. Gol pertama didapat melalui penalti Khaled Ali Binsabaa pada menit ke-44, sedangkan gol kedua dibukukan Ahmed Alrawi melalui tendangan bebas pada menit ke-54, demikian dipantau dari siaran langsung.

Dengan hasil tersebut, Indonesia menghuni posisi keempat di Grup A dengan nol poin. Sedangkan Qatar memuncaki klasemen dengan tiga poin.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #kumpulan #momen #kontroversi #laga #komedi #qatar #timnas #indonesia #piala #asia #2024

KOMENTAR