Kecolongan Dua Gol Vietnam, Clean Sheet Jadi Harga Mati buat Jepang Lawan Timnas Indonesia
Para pemain Timnas Jepang merayakan gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]
18:12
15 Januari 2024

Kecolongan Dua Gol Vietnam, Clean Sheet Jadi Harga Mati buat Jepang Lawan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu mengaku tak puas meski menang lawan Vietnam pada matchday 1 Grup D Piala Asia 2023, Minggu (14/1/2024). Pasalnya, Jepang kecurian dua gol di laga tersebut.

Timnas Jepang mengalahkan Vietnam 4-2 pada laga yang digelar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar. Namun, The Samurai Blue --julukan Timnas Jepang-- yang merupakan salah satu favorit juara Piala Asia Qatar ini smepat dibuat ketar-ketir.

Sempat unggul cepat lewat gol Takumi Minamino pada menit ke-11, Jepang kebobolan dua kali yang tercipta diawali servis bola mati Vietnam.

Pada menit ke-16, Nguyen Dinh Bac mencetak gol dengan sundulan memaksimalkan sepak pojok Do Hung Dung.

Sementara itu, gol kedua Vietnam diawali tendangan bebas, di mana bola kemudian disundul. Kiper Jepang, Zion Suzuki tak sempurna menahan bola sebelum diceploskan Pham Tuan Hai pada menit 33.

Beruntung, Jepang kembali unggul 3-2 sebelum half-time, sebelum satu gol lagi pada menit 85 memastikan raihan poin penuh bagi Samurai Blue.

“Saya pikir pertandingan pertama ini, mengajari saya bahwa tidak ada pertandingan mudah di Piala Asia. Kami kebobolan lewat bola mati, yang mana sangat kami sayangkan,” kata pelatih kepala Jepang, Hajime Moriyasu dikutip dari DAZN, Senin (15/1/2024).

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022). [Anne-Christine POUJOULAT / AFP]Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu. [Anne-Christine POUJOULAT / AFP]

Moriyasu khawatir skema bola mati menjadi senjata tim lain pada dua laga sisa Grup D Piala Asia 2023, di mana Jepang akan melawan Irak pada 19 Januari 2024, sebelum terakhir menjajal kekuatan Timnas Indonesia pada 24 Januari.

Pelatih yang sukses membawa Jepang menang lawan Jerman dan Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar lalu itu pun mendesak anak-anak asuhannya untuk mencatatkan clean sheet melawan Irak dan Indonesia nanti, demi mulusnya target Kaoru Mitoma cs lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai juara Grup D.

“Di Piala Asia setiap tim akan lebih mengupayakan bola mati. Saya kira begitu. Jadi kami harus melakukan penyesuaian agar bisa merespons dengan baik," ucap Moriyasu.

"Kami ingin lolos ke fase gugur, dan untuk mencapainya kami harus mengusahakan clean sheet melawan Irak dan Indonesia di laga selanjutnya," pungkasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #kecolongan #vietnam #clean #sheet #jadi #harga #mati #buat #jepang #lawan #timnas #indonesia

KOMENTAR