Otw Jadi WNI, Calvin Verdonk Berhadapan dengan Ragnar Oratmangoen di Liga Belanda
Pemain Belanda keturunan Indonesia yang bermain untuk klub NEC Nijmegen, Calvin Verdonk. (ANTARA/X/NEC Nijmegen)
14:24
3 April 2024

Otw Jadi WNI, Calvin Verdonk Berhadapan dengan Ragnar Oratmangoen di Liga Belanda

Momen menarik dalam lanjutan Liga Belanda atu Eredivisie pekan ke-28, dua pemain keturunan Indonesia saling bertemu, satu di antaranya tengah diproses naturalisasi.

Laga Fortuna Sittard melawan NEC Nijmegen menjadi panggung dari dua pemain keturunan Indonesia, Ragnar Oratmangoen dan Calvin Verdonk.

Kedua pemain ini menjadi starter bagi masing-masing tim, menariknya tidak ada pemenang dalam laga ini usai berakhir imbang dengan skor 1-1.

Pertandingan berjalan sengit, aksi jual-beli serangan di babak pertama tak berbuah satu gol pun, separuh babak berakhir 0-0.

Barulah pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-59 NEC Nijmegen berhasil membuka skor lewat gol yang dicetak Rober.

Butuh waktu cukup lama bagi Ragnar Oratmangoen cs, baru di menit ke-75 Kaj Sierhuis berhasil menyamakan skor lewat golnya.

Performa Ragnar tidak mengecewakan, beberapa kali ia membuat peluang untuk mencetak gol ke gawang NEC Nijmegen.

Sementara itu Calvin Verdonk yang disebut sedang dalam proses naturalisasi juga tampil impresif membantu lini bertahan NEC Nijmegen.

Dua kali ia mencatatkan umpan kunci selama babak pertama berjalan, secara umum kedua pemain keturunan Indonesia ini tampil apik.

Naturalisasi Calvin Verdonk

Saat ini Calvin Verdonk dikabarkan sedang dalam proses naturalisasi, menyusul Ragnar Oratmangoen yang sudah mencatat debut bersama Timnas Indonesia.

Kabar naturalisasi Calvin dihembuskan ia sendiri dalam sebuah podcast bersama Yussa Nugraha beberapa waktu lalu.

Kabar ini sudah diketahui Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia ini bahkan mengaku proses naturalisasi Calvin sedang dikerjakan.

Ia berharap prosesnya selesai pada Juni 2024 mendatang, sehingga bisa dimainkan dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Calvin memang sedang berusaha dinaturalisasi. Mungkin kalau cepat Juni sudah selesai," ucap Shin Tae-yong.

"Saya juga sudah lihat langsung performa dia dan sangat baik, jadi sangat membantu Timnas Indonesia," imbuhnya.

Calvin semakin meramaikan posisi bek kiri Timnas Indonesia, sesuai dengan posisinya ia bakal bersaing dengan Nathan Tjoe-A-On dan Pratama Arhan.

Selain itu masih ada pula Shayne Pattynama yang juga berposisi sebagai bek kiri, kemungkinan besar di antara mereka akan ada satu pemain yang berpindah posisi.

Bisa jadi pemain tersebut akan dijadikan sebagai winger kiri, mengingat formasi yang sering diterapkan Shin Tae-yong dengan menggunakan tiga bek tengah.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #jadi #calvin #verdonk #berhadapan #dengan #ragnar #oratmangoen #liga #belanda

KOMENTAR