Bicara Peluang Main Cyrus Margono, STY: Tidak Semua Pemain yang Jadi WNI Otomatis Masuk Timnas Indonesia
Kiper Cyrus Margono. (Instagram.com/cmargono)
00:00
2 April 2024

Bicara Peluang Main Cyrus Margono, STY: Tidak Semua Pemain yang Jadi WNI Otomatis Masuk Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) menjelaskan alasan tak memanggil Cyrus Margono dalam daftar skuad Timnas U-23 yang dipersiapkan untuk Piala Asia U-23 2024.

Cyrus Margono sejatinya sudah resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 21 Maret lalu. Akan tetapi, belum ada tanda-tanda kiper berusia 22 tahun itu akan segera debut di Timnas Indonesia senior.

Dan kini, ia juga tak masuk dalam rencana Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23.

PSSI sudah merilis pemain untuk menjalani training camp (TC) alias pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23. Tak ada nama Cyrus Margono dalam daftar 28 pemain yang dipanggil STY.

Untuk kiper yang bermain di Panathinaikos B di Yunani itu yang belum dipanggil masuk Timnas U-23, STY beralasan dia belum pernah melihat langsung penampilan sang penjaga gawang.

"Untuk Cyrus, jujur belum pernah lihat langsung dia bermain," kata Shin Tae-yong seperti dimuat Antara, Senin (1/4/2024).

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) saat pertandingan melawan Vietnam pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Jadi, saya belum bisa bicara apa-apa. Apalagi tidak semua pemain yang menjadi Warga Negara Indonesia lalu bisa masuk Timnas Indonesia," tukas mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Cyrus sejatinya tidak menjalani proses naturalisasi. Ia diajukan menjadi WNI melalui jalur Sekretariat Negara (Setneg) dan Kemenkumham karena sebelumnya memiliki kewarganegaraan ganda, Indonesia dan Amerika Serikat.

Selain itu, Cyrus tidak masuk nama-nama pemain naturalisasi atau keturunan yang direkomendasikan Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-23 sendiri akan tampil di Piala Asia U-23 2024 di Qatar pada 15 April - 3 Mei mendatang. Turnamen ini juga menjadi ajang kualifikasi Olimpiade 2024 dengan tiga tim teratas otomatis lolos ke Paris.

Pasukan Garuda Muda dijadwalkan menjalani pemusatan latihan ke Dubai, Uni Emirat Arab, mulai Selasa (2/4).

Selama di Dubai, Timnas Indonesia U-23 akan menjalani dua laga uji coba. Pertandingan uji coba pertama melawan Arab Saudi pada 5 April dan kemudian melawan tuan rumah Uni Emirat Arab pada 8 April.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #bicara #peluang #main #cyrus #margono #tidak #semua #pemain #yang #jadi #otomatis #masuk #timnas #indonesia

KOMENTAR