Bikin Fans Khawatir, Shin Tae-yong Bongkar Situasi Kontraknya di Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)
19:30
27 Maret 2024

Bikin Fans Khawatir, Shin Tae-yong Bongkar Situasi Kontraknya di Timnas Indonesia

Dorongan pecinta sepak bola Tanah Air agar kontrak pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) diperpanjang semakin kencang setelah sukses membawa Garuda melibas Vietnam di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Meski demikian, keinginan para pendukung sejauh ini tidak sesuai dengan realita yang ada. Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa PSSI sejauh ini belum menyodorkan perpanjangan kontrak kepadanya.

"Untuk itu (kontrak baru) belum ada keputusan sama sekali," kata Shin Tae-yong kepada awak media, Rabu (27/3/2024).

Shin Tae-yong diketahui berhasil membuat Timnas Indonesia memutus dominasi Vietnam yang telah berlangsung sejak 2016 di mana tim Merah Putih dibuat tak pernah menang oleh rivalnya itu.

Juru taktik asal Korea Selatan sukses membawa Timnas Indonesia memutus hasil buruk kontra Vietnam di fase grup Piala Asia 2023 pada Januari tahun ini dengan kemenangan 1-0.

Setelahnya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dibawa menang back-to-back atas The Golden Star Warriors bulan ini. Setelah menang 1-0 dalam matchday ketiga Grup F di Jakarta pada 21 Maret lalu, Timnas Indonesia menggasak Vietnam di Hanoi dengan skor 3-0 pada Selasa (26/3/2024).

Selebrasi Para Pemain Timnas Indonesia Usai Cetak Gol ke Gawang Vietnam. (instagram.com/timnas.indonesia)Selebrasi Para Pemain Timnas Indonesia Usai Cetak Gol ke Gawang Vietnam. (instagram.com/timnas.indonesia)

Hasil itu membuat Timnas Indonesia cuma butuh satu kemenangan lagi untuk mengunci tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, sekaligus mengamankan tiket lolos ke putaran final Piala Asia 2027.

Meski membawa skuad Merah Putih meraih pencapaian penting, Shin Tae-yong nyatanya belum juga mendapat tawaran perpanjangan kontrak dari PSSI.

PSSI diketahui sempat mengatakan bahwa pembicaraan perpanjangan kontrak baru akan dilakukan andai Shin Tae-yong berhasil mencapai target membawa Timnas Indonesia U-23 melaju ke delapan besar Piala Asia U-23 2024 di Qatar pada April mendatang.

Situasi itu kemungkinan besar menimbulkan kekhawatiran di kalangan penggemar mengingat kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia akan berakhir pada Juni tahun ini.

Bukan tidak mungkin juru taktik 53 tahun itu tidak memperpanjang masa baktinya bersama Timnas Indonesia yang sudah dia pimpin sejak Desember 2019.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #bikin #fans #khawatir #shin #yong #bongkar #situasi #kontraknya #timnas #indonesia

KOMENTAR